Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebocoran Pipa dengan Tips Berikut Ini

Kompas.com - 26/01/2022, 09:34 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comKebocoran pipa air di rumah bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Pasalnya, selain menyebabkan dinding dan bagian rumah basah, perbaikan kebocoran pipa juga cukup menghabiskan biaya.

Dilansir dari House Logic, Selasa (25/1/2022), perlu untuk mengambil langkah pencegahan kebocoran pipa agar kebocoran pipa tidak terjadi.

Salah satunya adalah dengan mengurangi tekanan air karena tekanan air tinggi yang digunakan saat mandi atau mengisi panci untuk memasak akan membuat pipa menjadi tertekan.

Baca juga: Survei: Kerusakan Pipa Ledeng Apartemen Berisiko Menularkan Covid-19

Tekanan air yang tinggi akan membuat sambungan pipa, keran hingga katup peralatan tersebut menjadi bekerja lebih keras.

Sehingga jika pipa mengalami tekanan terus-menerus, kebocoran pada pipa akan semakin mudah terjadi.

“Itu secara drastis mengurangi umur pipa ledeng Anda,” jelas CEO Maloney Plumbing & Drain Services Alex Sarandos.

Sebagai solusi, pasang pengukur tekanan air yang dijual di pasaran dan pastikan tekanan air berada di antara angka 40 dan 80 Psi.

Namun, jika tekanan air berada di atas 85 Psi, hubungi ahli untuk pemasangan dan solusi terbaik.

Selain itu, kebocoran pipa juga bisa terjadi karena air memiliki kandungan mineral yang tinggi atau yang biasa dikenal dengan air sadah.

Air sadah mengandung magnesium atau kalsium yang bisa menumpuk di dalam pipa, membatasi aliran sehingga tekanan air menjadi meningkat.

Tidak hanya itu, air sadah juga bisa menimbulkan korosi pada sambungan dan perlengkapan pipa yang tentu akan memperpendek umur penggunaan pipa air.

Sedangkan di bidang kesehatan, air sadah dapat memicu berbagai penyakit serius, seperti penyumbatan pembuluh darah jantung dan batu ginjal jika masuk ke dalam tubuh.

Satu-satunya cara untuk mengatasi air sadah adalah dengan memasang pelembut air yang mengandung natrium untuk melawan mineral dalam air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com