Kompas.com - 26/01/2022, 09:34 WIB

KOMPAS.comKebocoran pipa air di rumah bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Pasalnya, selain menyebabkan dinding dan bagian rumah basah, perbaikan kebocoran pipa juga cukup menghabiskan biaya.

Dilansir dari House Logic, Selasa (25/1/2022), perlu untuk mengambil langkah pencegahan kebocoran pipa agar kebocoran pipa tidak terjadi.

Salah satunya adalah dengan mengurangi tekanan air karena tekanan air tinggi yang digunakan saat mandi atau mengisi panci untuk memasak akan membuat pipa menjadi tertekan.

Baca juga: Survei: Kerusakan Pipa Ledeng Apartemen Berisiko Menularkan Covid-19

Tekanan air yang tinggi akan membuat sambungan pipa, keran hingga katup peralatan tersebut menjadi bekerja lebih keras.

Sehingga jika pipa mengalami tekanan terus-menerus, kebocoran pada pipa akan semakin mudah terjadi.

“Itu secara drastis mengurangi umur pipa ledeng Anda,” jelas CEO Maloney Plumbing & Drain Services Alex Sarandos.

Sebagai solusi, pasang pengukur tekanan air yang dijual di pasaran dan pastikan tekanan air berada di antara angka 40 dan 80 Psi.

Namun, jika tekanan air berada di atas 85 Psi, hubungi ahli untuk pemasangan dan solusi terbaik.

Selain itu, kebocoran pipa juga bisa terjadi karena air memiliki kandungan mineral yang tinggi atau yang biasa dikenal dengan air sadah.

Air sadah mengandung magnesium atau kalsium yang bisa menumpuk di dalam pipa, membatasi aliran sehingga tekanan air menjadi meningkat.

Tidak hanya itu, air sadah juga bisa menimbulkan korosi pada sambungan dan perlengkapan pipa yang tentu akan memperpendek umur penggunaan pipa air.

Sedangkan di bidang kesehatan, air sadah dapat memicu berbagai penyakit serius, seperti penyumbatan pembuluh darah jantung dan batu ginjal jika masuk ke dalam tubuh.

Satu-satunya cara untuk mengatasi air sadah adalah dengan memasang pelembut air yang mengandung natrium untuk melawan mineral dalam air.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.