Kompas.com - 26/01/2022, 06:00 WIB


KOMPAS.com – Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dilaporkan telah mencapai 21,83 persen.

Hal ini disampaikan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk saat menyambut kunjungan Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) melalui Crown Prince Court (CPC) yang diwakili oleh Mohammed Ali Rashed Saeed AlDhaheri dan Abdulla Essam Abdulla Ali Alhemeiri, Senin (24/1/2022).

Sementara targetnya, masjid hibah dari PEA untuk Indonesia tersebut dapat diresmikan pada bulan Oktober atau November 2022 yang akan dihadiri Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) selaku Putra Mahkota Abu Dhabi.

Baca juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dibangun Waskita, Tuntas Agustus 2022

Adapun rencana peresmian itu merupakan rangkaian kunjungan MBZ ke Indonesia dalam pertemuan KTT G20 di bali.

Senior Vice President (SVP) Building Division Waskita Karya Anak Agung Gede Sumadi optimistis proyek masjid tersebut bisa rampung tepat waktu.

“Sesuai paparan project manager tadi, progres proyek masih sesuai rencana 21,83 persen dan saya tekankan ke tim proyek agar tetap fokus dan menjaga mutu pekerjaan,” jelas Agung.

Sedangkan untuk desain, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dirancang mirip dengan Grand Mosque di Abu Dhabi.

Sehingga nantinya, akan ada 4 menara menjulang, 1 kubah utama yang dikelilingi kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan Timur Tengah.

Masjid tersebut berdiri di atas tanah seluas 24.600 meter persegi yang berfungsi sebagai lahan hijau, luas bangunan 8.400 meter persegi dengan daya tampung mencapai 12.000 jemaah.

Selain itu, masjid ini juga memiliki area parkir seluas 3.500 meter persegi yang dapat menampung ratusan kendaraan roda dua dan roda empat, atau bahkan lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.