Sejumlah Fakta Cisumdawu, Tol Pertama di Indonesia yang Dilengkapi Terowongan

Kompas.com - 25/01/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah melalui pengadaan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Melalui pengoperasian jalan tol tersebut, diharapkan arus mobilisasi barang dan jasa bisa menjadi lebih efisien sekaligus mendukung pertumbuhan wilayah sekitar.

Adapun fakta-fakta Jalan Tol Cisumdawu yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Profil Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cisumdawu terletak di Jawa Barat dan sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu, Majalengka, Kuningan, dan Kawasan Rebana.

Baca juga: Tol Cisumdawu Seksi 1 Beroperasi, Cileunyi-Pamulihan Cuma 15 Menit

Jalan tol ini mulai dibangun pada tahun 2011 dan dioperasikan pada hari Selasa (25/1/2022) khusus Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan

Harapannya pada bulan Juni tahun 2022, seluruh seksi Jalan Tol Cisumdawu telah rampung dan bisa dioperasikan.

PT Citra Karya Jabar Tol menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Brantas Abipraya sebagai kontraktor pelaksana. Adapun nilai investasinya adalah sebesar Rp 8,41 triliun.

Selain itu, jalan tol sepanjang 60,1 kilometer ini disebut sebagai salah satu jalan tol dengan pemandangan terindah karena dikelilingi oleh 3 gunung vulkanik, yaitu Gunung Tampomas, Manglayang dan Patuha.

2. Jumlah seksi jalan tol

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.