Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Berambisi Jadi 5 Besar Dunia di Pasar Metaverse

Kompas.com - 25/01/2022, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) berencana melakukan ekspansi besar-besaran di dunia metaverse dan siap bekerja untuk menjadi pemain utama.

Kementerian sains dan teknologi infromasi Korsel telah mengumumkan rencana untuk terjun dalam platform metaverse dan memasang target sebagai pemain terbesar kelima di dunia pada 2026.

Seperti dikutip dari laman Cryptoslate, Korsel rencananya akan bekerja dengan 220 perusahaan guna membangun akademi metaverse.

Targetnya, akademi itu akan menghasilkan 40.000 profesional terlatih di platform metaverse pada tahun 2026 untuk mengendalikan domain yang diberikan negara.

Baca juga: Korsel Bangun Metaverse Seoul, Bakal Jadi Kota Digital Pertama di Dunia?

Untuk kepentingan itu, akan dibentuk sebuah lembaga bahasa Korea online di metaverse, memfasilitasi interaksi pengguna global dan membantu orang asing terlibat dengan beberapa proyek termasuk kedokteran, K-pop, pariwisata, dan seni.

Kementerian Sains Korsel bahkan menyatakan satu metaverse saja berpotensi menciptakan 1,5 juta pekerjaan di ekosistem virtual.

Korsel adalah salah satu pasar utama yang dengan mudah mengembangkan ekosistem virtual reality (VR).

Menurut data yang diperoleh dari MSIT, pasar VR nasional telah menunjukkan potensi pertumbuhan yang sangat besar lebih dari 36 persen pada tahun 2018.

Negara gingseng ini juga dikabarkan akan menjalankan “K-Metaverse academy” untuk terlibat dengan startup metaverse global dan membantu mereka terhubung dengan startup lokal.

Rencana pengembangan metaverse Korsel juga mencakup kebijakan pengguna yang ketat untuk melindungi penyebaran aktivitas terlarang seperti pelecehan dan eksploitasi yang tak diinginkan.

Konsep metaverse telah mendapatkan daya tarik besar pada tahun 2021. Bahkan banyak brand ternama sudah terjun di platform ini.

Sebagai informasi, metaverse merupakan sebuah istilah yang awalnya diciptakan pada tahun 1992.

Metaverse mengacu pada dunia realitas virtual di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dalam avatar digital khusus.

Konsep ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas duniawi di ruang virtual dan bertukar banyak barang dan jasa seperti yang mereka lakukan di dunia fisik nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com