Tol Cisumdawu Seksi 1 Beroperasi, Cileunyi-Pamulihan Cuma 15 Menit

Kompas.com - 25/01/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan mulai Selasa (25/01/2022) telah beroperasi sementara tanpa tarif selama dua minggu ke depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, berdasarkan hasil uji coba, Tol Seksi Cileunyi-Pamulihan dapat memangkas waktu tempuh menjadi 15 menit dari sebelumnya melalui Jalan Raya Bandung-Cirebon yang butuh sekitar 60 menit.

"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh," katanya dalam keterangan pers, Senin (24/01/2022).

Baca juga: Ridwan Kamil Usulkan Perubahan Nama Tol Cisumdawu, Jadi Apa?

Apalagi jika nantinya seluruh ruas Tol Cisumdawu beroperasi dan terkoneksi dengan Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, manfaat yang dirasakan akan semakin besar.

Jarak dan waktu tempuh perjalanan dari wilayah Bandung ke Bandara Kertajati secara signifikan terpangkas hingga 50 persen.

"Kalau saat ini jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati sekitar 160-180 kilometer, sedangkan dengan adanya Tol Cisumdawu menjadi sekitar 60 kilometer. Harapannya Bandung menuju Kertajati bisa 1 jam," terangnya.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Dari keenam seksi, pemerintah mengerjakan Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Seperti diketahui ruas Seksi 1 telah selesai dikerjakan dan beroperasi. Sementara untuk Seksi 2 saat ini progres fisiknya mencapai 97 persen.

"Tantangan paling besar di Seksi 2 karena ada longsoran dan telah dilakukan perkuatan tanahnya," imbuh Danang.

Kemudian, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka konstruksinya telah rampung 100 persen. Sementara untuk Seksi 4-6 belum selesai dan masih dalam proses konstruksi.

"Kami akan terus percepat, harapan kami sekurang-kurangnya pertengahan tahun ini seluruhnya sudah selesai," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.