Kompas.com - 25/01/2022, 14:00 WIB
Lokasi tempat dibangunnya Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan, Kepulauan Riau. Kementrian PerhubunganLokasi tempat dibangunnya Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan, Kepulauan Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangun Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan di Kepulauan Riau akan ditangani oleh pihak swasta yakni PT Bintan Aviation Investment.

Inisiatif ini disambut baik oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan ia sampaikan saat melakukan tinjauan ke proyek pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru, Senin (24/1/2022).

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kami mendukung penuh partisipasi swasta dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), untuk membangun infrastruktur transportasi seperti pelabuhan dan bandara,” ujar Budi Karya.

Baca juga: Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Tutup Mulai 26 Januari

Kemenhub akan terus memberikan petunjuk agar pembangunannya dilakukan sesuai dengan ketentuan, khususnya yang berkaitan dengan aspek keselamatan.

Menurut Budi, dengan hadirnya bandara baru ini, diharapkan dapat membuka konektivitas dari dan menuju Pulau Bintan, sehingga berpeluang mendatangkan investasi yang besar.

Dia berharap pihak manajemen dapat menyelesaikan pembangunan bandara baru ini paling tidak akhir 2023.

"Keberadaan bandara ini diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Bintan, Kepri dan sekitarnya,” tutur Budi.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director PT Bintan Aviation Investment Michael Wudy menjelaskan pihaknya berinisiatif membangun bandara baru di Pulau Bintan untuk pendorong pergerakan ekonomi serta mengembangkan sektor industri dan pariwisata.

“Dalam membangun kami akan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada dan mengutamakan aspek keselamatan,” papar Michael.

PT Bintan Aviation Investment membangun proyek Bandara dan Aerospace Industry Park dengan luas kawasan bandara 800 hektar dan kawasan industri 510 hektar di Pulau Bintan.

Kawasan bandara tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai penerbangan umum, fasilitas Pemeliharaan Pesawat (MRO), dan pusat logistik.

Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan sudah berjalan sejak tahun 2015.

Saat ini pembangunan fase 1 sudah masuk tahap pemadatan tanah untuk runway sepanjang 3.000 meter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.