Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2022, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com - Pemerintah telah menetapkan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejak Agustus 2021.

Dengan adanya perpindahan ini maka sejumlah infrastruktur baru akan dibangun demi mendukung roda pemerintahan. Salah satunya adalah kantor-kantor pemerintahan.

Rencananya kompleks perkantoran milik pemerintah tersebut akan dibangun dengan menerapkan konsep green building dan berkelanjutan.

Dalam Buku Saku Pemindahan IKN, dikatakan kantor pemerintahan di IKN baru nantinya akan mengedepankan open layout.

Konsep open layout ini merupakan konsep desain sebuah ruangan yang minim partisi internal dalam batas struktural bangunan, atau bagian dari bangunan.

Bila konsep ini diterapkan berarti ruangan tersebut tidak memiliki batasan fisik atau visual yang signifikan untuk menggambarkan berbagai area fungsional seperti ruang kerja, dapur, maupun ruang baca.

Karena tak ada batasan, maka efek visual dari denah terbuka adalah ruang akan tampak lebih besar dan lebih terang daripada jika dinding menutupi berbagai area fungsional.

Selain itu, kantor-kantor pemerintahan di IKN baru nanti dalam rancangannya sangat mengedepankan konektivitas antar Kementerian/Lembaga.

Konektivitas ini tak hanya dalam bentuk konektivitas fisik (bangunan), tapi juga konektivitas digital yang ditunjang dengan model ‘smart office’ (perkantoran pintar).

Transformasi tempat kerja di IKN Baru akan diperkuat dengan perubahan cara kerja melalui flexible working arrangement melalui informal workspace dan berbasis digital.

Penerapan konsep green building sendiri bukan merupakan hal baru bagi pemerintah dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gedung Utama Kementerian PUPR di Jakarta juga sudah mengadopsi konsep bangunan green building.

Gedung ini diklaim bisa menghemat listrik sekitar 40 pesen dan penghematan konsumsi air hingga 35 persen.

Sebelumnya, Ketua Pokja IKN-REI Soelaeman Soemawinata mengatakan seluruh bangunan di IKN juga akan menerapkan konsep green building

Ini merupakan salah satu konsep yang dipelajari oleh pemerintah saat melakukan kunjungan ke BSD City dan Alam Sutera. 

"Dengan konsep ini, kualitas udara dan air dapat terjaga. Setiap rumah dan kawasannya juga hijau dan menyatu dengan alam," ujarnya dalam wawancara dengan Kompas.com, Kamis (20/01/2022).

Penerapan konsep green building ini bertujuan membangun budaya di masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Tingginnya biaya perawatan kesehatan justru dapat dihindari dengan gerakan hidup sehat sebagai budaya yang diciptakan dari suarana lingkungannya.

Secara sosiologis, penerapan green building ini ibarat menciptakan struktur yang membangun kultur di IKN Nusantara nanti. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com