Kompas.com - 25/01/2022, 11:00 WIB

Jakarta, Kompas.com - Pemerintah telah menetapkan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejak Agustus 2021.

Dengan adanya perpindahan ini maka sejumlah infrastruktur baru akan dibangun demi mendukung roda pemerintahan. Salah satunya adalah kantor-kantor pemerintahan.

Rencananya kompleks perkantoran milik pemerintah tersebut akan dibangun dengan menerapkan konsep green building dan berkelanjutan.

Dalam Buku Saku Pemindahan IKN, dikatakan kantor pemerintahan di IKN baru nantinya akan mengedepankan open layout.

Konsep open layout ini merupakan konsep desain sebuah ruangan yang minim partisi internal dalam batas struktural bangunan, atau bagian dari bangunan.

Bila konsep ini diterapkan berarti ruangan tersebut tidak memiliki batasan fisik atau visual yang signifikan untuk menggambarkan berbagai area fungsional seperti ruang kerja, dapur, maupun ruang baca.

Karena tak ada batasan, maka efek visual dari denah terbuka adalah ruang akan tampak lebih besar dan lebih terang daripada jika dinding menutupi berbagai area fungsional.

Selain itu, kantor-kantor pemerintahan di IKN baru nanti dalam rancangannya sangat mengedepankan konektivitas antar Kementerian/Lembaga.

Konektivitas ini tak hanya dalam bentuk konektivitas fisik (bangunan), tapi juga konektivitas digital yang ditunjang dengan model ‘smart office’ (perkantoran pintar).

Transformasi tempat kerja di IKN Baru akan diperkuat dengan perubahan cara kerja melalui flexible working arrangement melalui informal workspace dan berbasis digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.