Simak, Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Jerman, AS, UEA dan China

Kompas.com - 25/01/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan berkendara di jalan tol, ternyata berbeda-beda di setiap negara.

Ada negara yang memberikan aturan batas kecepatan maksimal dan minimal, tetapi ada juga beberapa negara yang tidak membatasinya.

Di Indonesia misalnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan bahwa batas kecepatan terendah di jalan tol yaitu 60 kilometer per jam dan batas tertingginya hingga 100 kilometer per jam.

Baca juga: Ingat, Batas Kecepatan Maksimum di Tol Trans-Sumatera 100 Kilometer Per Jam

Untuk lebih jelasnya ,berikut perbedaan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang berlaku di sejumlah negara besar di dunia:

1. Jerman

Autobahn merupakan jalan raya bebas hambatan di Jerman dan menjadi satu-satunya di Eropa yang tidak memiliki batas kecepatan.

Dilansir iamexpat.de, autobahn memiliki panjang 12.996 kilometer dan menjadi jalan raya bebas hambatan terpanjang ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China.

Meski tak mewajibkan batas kecepatan, Jerman tetap memberlakukan batas kecepatan yang disarankan yaitu 130 kilometer per jam.

Artinya, bagi pengendara yang melebihi batas kecepatan atau kurang dari batas tersebut tidak dilarang melainkan hanya tidak disarankan.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa tidak sepenuhnya jalan autobahn bebas batas kecepatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.