Sah, Kontrak 838 Paket Lelang Dini Rp 17,5 Triliun Resmi Diteken

Kompas.com - 24/01/2022, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi menandatangani kontrak tender/seleksi dini sebanyak 838 paket senilai Rp 17,5 triliun, Senin (24/1/2022).

Ini merupakan bagian dari 2.092 paket tender/seleksi dini dengan nilai pagu pengadaan sebesar Rp 35,1 triliun yang pelaksanaannya telah dilakukan sejak Oktober 2021.

"Hingga hari ini, (24 Januari 2022), Kementerian PUPR telah menyelesaikan 838 paket dengan nilai Rp 17,5 triliun," jelas Basuki dalam acara penandatanganan tersebut, Senin (24/1/2022).

Dia merinci, ada 43 paket pekerjaan senilai Rp 43 miliar telah terkontrak pada akhir Desember 2020.

Sementara 795 paket pekerjaan senilai Rp 17,36 triliun telah selesai proses tender atau seleksi dan saat ini sudah dilaukan penandatanganan.

Pelaksanaan penandatangan ini dilakukan secara serentak oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Penyedia Jasa dari Balai di Kementerian PUPR di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Baca juga: Tahun Depan, Lelang Dini 2.400 Paket Pekerjaan Infrastruktur Bakal Digelar

Selama ini, proses pengadaan barang dan jasa dilakukan melalui beberapa metode seperti tender/seleksi serta e-katalog sektoral PUPR untuk menjamin proses transparan, efektif, dan efisien.

Dengan begitu, diharapkan akan meningkatkan kualitas belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendorong roda perekonomian nasional.

Menurutnya, modernisasi proses pengadaan barang dan jasa di Kementerian PUPR terus dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi, contohnya melalui e-monitoring dan e-katalog sektoral Kementerian PUPR.

Selain itu, Kementerian PUPR akan mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong kesejahteraan anak bangsa.

Adapun pada tahun 2022, Kementerian PUPR mengelola pagu anggaran sebesar Rp 100,6 triliun untuk melanjutkan program pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, dan perumahan.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya saing sekaligus menjadi stimulus bagi sektor riil demi tetap bertahan pada masa Pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.