Kompas.com - 24/01/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Studio desain arsitektur berbasis di Paris, Cutwork baru saja menjalin kerja sama dengan pengembang terkemuka Perancis, Bouygues Immobilier.

Kedua perusahaan ini akan menciptakan unit modular prefabrikasi yang disebut “PolyRoom”, dan Cutwork akan menangani desain interior dalam modular. 

Hunian ini akan dirancang untuk mendukung konsep hidup serbaguna, di luar standar rumah kontemporer. Calon penghuninya adalah para pekerja yang berusia 25 hingga 40 tahun.

Baca juga: Dash Living Ambil Alih Travelodge Central, Tawarkan Co-Living Menarik

Bouygues Immobilier rencananya akan membangun sebuah Co-Living Space yang akan dibuka secara resmi pada tahun 2023 mendatang.

Modular ini dapat diproduksi dalam jumlah besar dan ditumpuk seperti susunan LEGO, bila pengembang ingin membangun sebuah kompleks hunian.

Karena material yang digunakan sudah dalam bentuk prefabrikasi, waktu konstruksinya pun akan jauh singkat ketimbang konstruksi konvensional.

Bouygues Immobilier bahkan ingin membuka l5 lokasi co licing pada tahun 2025 dengan menyediakan 2.500 kamar tidur di Bordeaux.

Ilustrasi pengangkatan modular prefabrikasi Polyroom. Modular ini dapat ditumpuk di atas modular lain, layaknya Lego. Cutwork Ilustrasi pengangkatan modular prefabrikasi Polyroom. Modular ini dapat ditumpuk di atas modular lain, layaknya Lego.
Dalam desain interior modular, arsitek Cutwork Antonin Yuji Maeno mengambil inspirasi dari konsep washitsu Jepang

Washitsu merupakan ruang tengah di rumah tradisional Jepang. Uniknya, ruangan ini tidak memiliki funsgi khusus melainkan merupakan ruang adaptif yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Rumah-rumah di Eropa dan Amerika cenderung memiliki ruaangan dengan fungsi tunggal. Misalnya untuk ruang tamu, kamar tidur, ruang makan hingga ruang kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.