Kompas.com - 23/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com – Satu rumah di Jalan Raya Condet, Jakarta Timur dilaporkan hangus terbakar pada hari Minggu (23/1/2022) dini hari. Menurut laporan, kebakaran terjadi akibat korsleting listik.

Adapun korsleting listrik merupakan salah satu penyebab kebakaran bangunan yang kerap terjadi.

Korsleting atau short sircuit adalah kondisi abnormal pada rangkaian listrik yang mana arus listrik mengalir melalui jalur yang lebih pendek dan tidak mengikuti rangkaian, dilansir dari The Spruce.

Ini bisa disebabkan karena kutu atau hama yang memakan kabel, cairan yang bersentuhan dengan kabel, koneksi longgar di kotak listrik dan stop kontak atau peralatan listrik yang sudah usang.

Baca juga: 5 Langkah Harus Anda Lakukan Setelah Rumah Kebakaran

Selain itu, korsleting juga bisa disebabkan karena paku yang menembus dinding dan bersentuhan dengan kabel, kerusakan selubung kabel hingga penumpukan atau lonjakan listrik di bagian kabel tertentu.

Adapun jenis korsleting terbagi menjadi 2, yaitu korsleting normal dan korsleting ground fault. 

Korsleting normal adalah ketika kabel bertenaga atau panas menyentuh kabel netral yang menyebabkan resistensi turun dan arus mulai bergerak di jalur lain.

Sedangkan korsleting ground fault terjadi ketika kabel listrik bertenaga menyentuh bagian arde dari kotak perangkat, peralatan, stop kontak, kabel arde kosong atau apapun yang disuplai oleh sirkuit listrik.

Beberapa hal yang bisa dijadikan tanda sebelum korsleting terjadi adalah ketika ditemukan bagian kabel atau sakelar lampu yang hangus.

Selain itu, biasanya akan tercium bau plastik atau karet yang terbakar, percikan api hingga bunyi ledakan pada perangkat listrik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.