Tol Trans-Sumatera Berdiri di Atas Tanah Berkontur, Begini Cara Pemeliharaannya

Kompas.com - 22/01/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresasi PT Hutama Karya (Persero) yang telah melakukan pemeliharaan dan perbaikan rutin dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Kedua ruas tersebut adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka). 

Menurutnya, Hutama Karya selaku pengelola jalan tol, telah bertanggung jawab dalam memastikan peningkatan Standar Pelayanan Minimum (SPM) ruas jalan tol tersebut. Di beberapa titik juga sudah tidak ditemukan lagi lubang.

"Semoga Hutama Karya dapat terus mempertahankan kualitas jalan tol dan terus meningkatkan SPM tol yang dikelola," kata Basuki dalam keterangannya, Sabtu (22/01/2022).

Lalu, seperti apa pemeliharaan JTTS?

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pemeliharaan Tol Bakter dan Terpeka rutin dilakukan.

Baca juga: Tinjau Perbaikan Tol Terpeka dan Kapal Betung, Basuki: Tuntaskan April!

Kondisi keduanya sudah cukup baik dengan minimnya lubang yang ditemui. Hal ini karena dari sisi pemeliharaan dan perbaikan secara rutin dilakukan dengan teknis perbaikan dan periode yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perbaikannya.

Menurut Koentjoro, pemeliharaan JTTS dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya dengan pengaspalan.

Biasanya pengaspalan dilakukan apabila terjadi pothole atau lubang karena perbaikan ini cenderung lebih cepat pengerjaannya.

Perbaikan menggunakan aspal dengan alat Cold Milling Machine (CMM) memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perbaikan biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.