Kompas.com - 22/01/2022, 07:00 WIB
Desain Ibu Kota Negara DOK KEMENTERIAN PUPRDesain Ibu Kota Negara

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengembang yang tergabung dalam Real Estat Indonesia (REI) menyatakan siap terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua Pokja IKN-REI Soelaeman Soemawinata mengatakan hingga saat ini, pihaknya masih menunggu aturan turunan dari Undang-Undang (UU) IKN.

"Kami tentu siap terlibat dalam pembangunan IKN terutama dalam mewujudkan kawasan hunian. Hanya hingga saat ini tentu masih menunggu aturan turunan UU IKN," kata Soelaeman kepada Kompas.com, Jumat (21/01/2022).

Baca juga: Pemerintah Jadikan Alam Sutera dan BSD City Rujukan Bangun IKN, Apa yang Dipelajari?

Soelaeman menjelaskan, di samping aturan, pemerintah juga mesti memastikan ketersediaan tanah di IKN Nusantara.

Sebelum para pengembang membangun hunian, tanah-tanah harus dalam kondisi clear and clean.

"Pemerintah harus siapkan ketersediaan tanah. Jangan sampai ada kendala terutama saat swasta dalam hal ini pengembang masuk, misal ada sengketa, preman, pungutan liar, spekulan," ucapnya.

Untuk diketahui, Sidang Paripurna DPR RI secara resmi menyetujui Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Undang-Undang (UU), Selasa (18/01/2022).

Dalam draf UU IKN dijelaskan bahwa IKN Nusantara meliputi wilayah daratan seluas 256.142 hektar dan perairan laut seluas 68.189 hektar.

Dengan disahkannya menjadi UU IKN, maka pelaksanaan pembangunan di IKN akan segera dimulai.

Dalam draf UU IKN yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022), dijelaskan bahwa IKN Nusantara meliputi wilayah daratan seluas 256.142 hektar dan perairan laut seluas 68.189 hektar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.