Tangerang dan Jakarta Barat, Lokasi Paling Diincar Pencari Properti Tahun 2021

Kompas.com - 21/01/2022, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangerang dan Jakarta Barat menjadi lokasi terpopuler yang paling diminati para pencari properti sepanjang tahun 2021.

Hal ini dibuktikan dari Flash Report Desember 2021-99 Group atau edisi terakhirnya tahun lalu.

Dari total listing enquires rumah di Indonesia, presentase pencarian rumah di Tangerang sebesar 13,5 persen.

Sementara lokasi terpopuler kedua adalah Jakarta Barat dengan presentase sebesar 11,4 persen, dan diikuti oleh Jakarta Selatan 10 persen.

Deputy CEO 99 Group Indonesia Wasudewan mengatakan hal ini dalam siaran persnya, Jumat (21/1/2022).

"Lokasi paling populer adalah Tangerang dengan persentase 13,5 persen dari total listing enquiries rumah di Indonesia pada bulan tersebut," jelas Wasudewan.

Menurutnya, edisi terakhir Flash Report 2021 ditutup dengan rapor positif yang dilihat dari perbaikan pergerakan harga rumah seken.

Baca juga: Pergeseran Usia Konsumen, Gen Z Sudah Mulai Berburu Rumah

Jika dibandingkan dengan periode sama pada tahun 2020, tercatat kenaikan harga rumah seken sebesar 3,7 persen pada tahun 2021 atau dengan indeks masing-masing 101,7 dan 105,5.

Bahkan, Makassar menjadi kota di Indonesia yang mencatatkan laju kenaikan harga tercepat secara tahunan yakni terekam sebesar 11,9 persen dengan nilai indeks 99,4.

Di area Jabodetabek, secara month-on-month (bulan ke bulan), harga rumah di Depok naik 1,6 persen.

Sedangkan, harga rumah di Tangerang dan Bogor masing-masing turun 0,2 persen dan 0,6 persen secara berurutan.

Sementara secara year-on-year (tahunan), harga rumah rumah di Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi masing-masing naik 2,1 persen, 5,6 persen, 8,2 persen, 4,5 persen, serta 3,6 persen secara berurutan.

Wasudewan mengungkapkan, dengan Flash Report ini diharapkan agar pebisnis properti maupun konsumen dapat mengetahui informasi relevan saat akan membeli maupun memasarkan hunian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.