Kompas.com - 21/01/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Infrastruktur jalan sangat diperlukan untuk menunjang konektivitas transportasi darat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah telah menyiapkan sejumlah rencana pembangunan jalan. Mulai dari jalan umum hingga jalan tol.

Sebagaimana dikatakan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga, bahwa infrastruktur dasar akan dibangun lebih dulu di IKN Nusantara.

Pembangunan alan akses dan logistik merupakan satu dari infrastruktur dasar selainsumber daya air (SDA), hingga Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Namun, pembangunannya akan dilakukan secara beriringan, dimulai dari aspek prioritas. Sementara konstruksinya tergantung metode pelaksanaan serta dari segi pembiayaan.

Baca juga: Swasta Bakal Masuk, Pemerintah Diminta Segera Buat Urban Design Guidelines IKN Nusantara

"Iya kita harapkan, karena ada target 2024 (pemindahan IKN), kita harapkan bisa dimulai (pembangunan infrastruktur dasar) tahun 2022 ini," jelas Danis kepada Kompas.com, Selasa (18/01/2022).

Hal ini juga tertuang dalam dokumen Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR berjudul Urban Design Development KIPP IKN.

Sebelumnya perlu diketahui, wilayah IKN Nusantara terbagi dalam tiga zona. KIPP IKN, Kawasan IKN (K-IKN), dan Kawasan Pengembangan IKN (KP-IKN).

Menyinggung soal rencana konektivitas transportasi IKN Nusantara, salah satu pembangunan infrastruktur jalan yang menonjol yakni Tol Bandara Sepinggan-KIPP.

Jalan tol ini membentang sepanjang 47,63 kilometer. Mulai dari Bandara Sepinggan di Balikpapan (berada di luar wilayah IKN) hingga pintu masuk ke KIPP IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.