Kompas.com - 21/01/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun daerah Bekasi banyak diminati oleh para pencari hunian, nyatanya warga setempat justru berburu rumah di daerah Jakarta.

Hal itu disampaikan Deputi CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan dalam acara “Zooming With Primus dengan topik Properti Siap Take Off”, Kamis (20/1/2022).

Terdapat lima daerah teratas yang dicari oleh masyarakat yakni Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya dan Tangerang.

“Mereka yang berdomisili di Bandung dan Surabaya memang mencari properti di lokasi tersebut. Namun menariknya, para pencari properti yang berdomisili di Bekasi mulai mencari properti ke dua di Jakarta,” jelas Wasudewan.

Baca juga: Mulai Rp 300 Jutaan, Intip Ragam Apartemen Murah di Bekasi

Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang membuat masyarakat Bekasi tertarik untuk membeli properti di kota besar seperti Jakarta.

Faktor pertama adalah hadirnya berbagai macam insentif pajak dari pemerintah seperti Pajak Penghasilan (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP).

Kemudian, adanya kelonggaran aturan dari bank yang sudah semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses ke Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

“Faktor-faktor pendukung inilah yang mungkin membuat masyarakat Bekasi tertarik untuk kembali mencari properti di Jakarta,” tambah Wasudewan.

Preferensi pencarian properti masyarakat di Bekasi yakni Jakarta (40 persen), Bekasi (23,1 persen), Tangerang (8,6 persen), Bandung (5,2 persen) dan Surabaya (0,4 persen).

Sementara itu, mereka yang berdomisili di Jakarta masih mencari properti untuk menetap di dalam kota Jakarta (47,4 persen), Tangerang (16,1 persen), Bandung (5,3 persen), Bekasi (5,1 persen) dan Surabaya (2,5 persen).

Masyarakat di Tangerang ternyata juga masih mencari properti di Jakarta (32,0 persen), meskipun masih banyak yang ingin tetap tinggal di Tangerang (43,7 persen).

Sedangkan sebagian kecil masyarakat Tangerang juga mencari hunian di Bandung (2,8 persen), Bekasi (1,4 persen) dan Surabaya (0,4 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.