Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Warga Bekasi Masih Berburu Properti di Jakarta

Kompas.com - 21/01/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun daerah Bekasi banyak diminati oleh para pencari hunian, nyatanya warga setempat justru berburu rumah di daerah Jakarta.

Hal itu disampaikan Deputi CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan dalam acara “Zooming With Primus dengan topik Properti Siap Take Off”, Kamis (20/1/2022).

Terdapat lima daerah teratas yang dicari oleh masyarakat yakni Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya dan Tangerang.

“Mereka yang berdomisili di Bandung dan Surabaya memang mencari properti di lokasi tersebut. Namun menariknya, para pencari properti yang berdomisili di Bekasi mulai mencari properti ke dua di Jakarta,” jelas Wasudewan.

Baca juga: Mulai Rp 300 Jutaan, Intip Ragam Apartemen Murah di Bekasi

Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang membuat masyarakat Bekasi tertarik untuk membeli properti di kota besar seperti Jakarta.

Faktor pertama adalah hadirnya berbagai macam insentif pajak dari pemerintah seperti Pajak Penghasilan (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP).

Kemudian, adanya kelonggaran aturan dari bank yang sudah semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses ke Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

“Faktor-faktor pendukung inilah yang mungkin membuat masyarakat Bekasi tertarik untuk kembali mencari properti di Jakarta,” tambah Wasudewan.

Preferensi pencarian properti masyarakat di Bekasi yakni Jakarta (40 persen), Bekasi (23,1 persen), Tangerang (8,6 persen), Bandung (5,2 persen) dan Surabaya (0,4 persen).

Sementara itu, mereka yang berdomisili di Jakarta masih mencari properti untuk menetap di dalam kota Jakarta (47,4 persen), Tangerang (16,1 persen), Bandung (5,3 persen), Bekasi (5,1 persen) dan Surabaya (2,5 persen).

Masyarakat di Tangerang ternyata juga masih mencari properti di Jakarta (32,0 persen), meskipun masih banyak yang ingin tetap tinggal di Tangerang (43,7 persen).

Sedangkan sebagian kecil masyarakat Tangerang juga mencari hunian di Bandung (2,8 persen), Bekasi (1,4 persen) dan Surabaya (0,4 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com