Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Daya Tarik Pariwisata, KCBN Muaro Jambi Bakal Dilengkapi Rencana Tata Ruang

Kompas.com - 20/01/2022, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi sebagai destinasi pariwisata daerah yang berkualitas terus berlanjut.

Hal ini menyusul penetapan KCBN Muaro Jambi sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Pemanfaatan kawasan tersebut dinilai belum optimal sebagai kawasan yang memiliki potensi wisata sejarah, budaya, dan spiritual.

OLeh karena itu, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, peran penataan ruang menjadi penting guna memitigasi risiko kerusakan lingkungan. 

Baca juga: Rusunawa Muaro Painan Disulap Jadi Lokasi Karantina Covid-19

Dia pun meminta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Sekretariat Negara mempercepat pengesahan Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Nasional (KSN) Muaro Jambi.

"Pengesahan RTR KSN ditargetkan pada September 2022," ujar Luhut dalam keterangannya, Kamis (20/01/2022). 

Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil menambahkan, mengoptimalkan segala aspek untuk kepentingan KSN Muaro Jambi agar dapat terlindungi dari kerusakan lingkungan dan sebagainya.

"Yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengamankan sungai-sungai di sekitar KSN Muaro Jambi, jangan sampai terjadi kerusakan lingkungan dan akan menghambat kita dalam penetapan kawasan ini sebagai warisan dunia," ucap Sofyan. 

Sofyan menyebut, Kementerian ATR/BPN berkomitmen membantu pemerintah daerah untuk mempercepat proses penyusunan RTR KSN Muaro Jambi.

Jika ada kawasan yang masih masuk ke dalam kawasan hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan digandeng supaya tujuan untuk menyelamatkan kawasan KSN Muaro Jambi ini dapat tercapai.

Sebagai informasi, konsep deliniasi pengembangan KSN Muaro Jambi terdiri atas dua wilayah.

Meliputi kawasan inti yang merupakan KCBN Muaro Jambi yang terdiri 4 zona dengan fungsi pelestarian.

Kemudian kawasan penyangga dengan fungsi pengembangan ekonomi masyarakat yang selaras dengan pelestarian seperti perkebunan, pertanian, dan kawasan khusus industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com