Kompas.com - 20/01/2022, 07:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan peningkatan infrastruktur di Bali dalam rangka mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali, Oktober 2022.

Peningkatan kualitas dan estetika infrastruktur salah satunya dilakukan dengan beautifikasi atau penghijauan.

Infrastruktur yang dilakukan penghijauan berada pada jalur lintasan KTT G20 di antaranya Bundaran I Gusti Ngurah Rai, Jalan Tol Bali-Mandara, serta Jalan Nasional Ruas Sp. Pesanggaran-Nusa Dua, Jimbaran-Uluwatu dan penataan lansekap bundaran, pedestrian dan median ruas Jalan Bandara Ngurah Rai-Venue KTT G20.

Baca juga: Pematangan Lahan Pusat Kebudayaan Bali Telan Dana Rp 426 Miliar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan penghijauan di infrastruktur tersebut selesai pada akhir Februari 2022.

“Saya minta penanaman ini akhir Februari 2022 harus selesai. Untuk jalan dan tol bukan hanya median saja yang ditanami pohon, tapi ROW juga terutama daerah yang kumuh kita tutup dengan tanaman. Jangan hanya teknis, tapi harus ada art-nya,” kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (19/01/2022). 

Menurutnya, pohon yang ditanam untuk penghijauan itu bukan bibit melainkan yang sudah jadi.

“Tanam tanaman besar yang sudah tinggi, jangan yang kecil-kecil. Misalnya pohon bugenvil, bakung, kembang kertas sudah besar,” ujarnya. 

Di samping penghijauan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali Ditjen Bina Marga melakukan preservasi jalan dan jembatan ruas-ruas tersebut. Total pekerjaannya sebanyak 9 ruas yang terbagi dalam 2 paket pekerjaan.

Paket I terdiri dari preservasi jalan dan jembatan 7 ruas dengan total panjang 22 kilometer. Paket ini terdiri dari 5 ruas, yakni Ruas 1 sepanjang 7 km (Sp. Pesanggaran-Gerbang Benoa, Sp. Kuta-Sp. Pesanggaran, Sp. Kita-Tugu Ngurah Rai) dengan progres 23,96 persen.

Ruas 2 sepanjang 4,3 kilometer (Sp. Bandara-Tugu Ngurah Rai, Sp). Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua progresnya 14,63 persen.

Ruas 3 sepanjang 4,2 kilometer (Jimbaran-GWK) dengan progres 14,25 persen.

Ruas 4 sepanjang 5,5 kilometer (Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua) dengan progres 18,66 persen dan Ruas 5 sepanjang 8,4 kilometer (Jl. Pesanggaran-Sanur) progresnya 28,5 persen.

Kemudian Paket II yaitu peningkatan jalan Sp. Siligita-Kempinski, showcase (jalan dalam kawasan) mangrove sepanjang 6,5 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.