Kompas.com - 18/01/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama-nama calon pemimpin Nusantara selaku Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur.

"Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh Presiden bisa ditanyakan Presiden, ada di kantongnya beliau. Saya tidak tahu tetapi tentu pasti pilihannya pilihan yang tepat untuk itu," ujar Suharso dalam Konferensi pers pembahasan RUU IKN, Selasa (18/01/2022).

Meski pernyataan soal pemimpin Nusantara selaku Ibu Kota Baru Indonesia bisa dibilang terlalu dini, pertanyaan ini tentu mulai menyeruak di benak publik.

Baca juga: Jadi Daerah Khusus, IKN Nusantara Dipimpin Kepala Otorita

Hal ini eeiring dengan telah disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) IKN menjadi Undang-Undang (UU) IKN pada Selasa (18/01/2022).

Apalagi Presiden Jokowi sudah pernah menyebut empat nama sebagai kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara yang posisinya selevel menteri itu.

Mengutip dari situs Sekretariat Kabinet RI, empat nama tersebut adalah Bambang Brodjonegoro, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, Tumiyana, dan Abdullah Azwar Anas.

"Yang namanya kandidat ya memang banyak. Satu, Pak Bambang Brodjo (Brodjonegoro, red). Dua, Pak Ahok. Tiga, Pak Tumiyana. Empat, Pak Azwar Anas," kata Jokowi, 2 Maret 2021.

Bambang Brodjonegoro merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi 2019-2021. Kini menduduki posisi sebagai Komisaris Utama PT Telkom (Persero) Tbk.

Lalu, Basuki Tjahaja Purnama (BTP atau Ahok) adalah mantan Gubernur DKI Jakarta pada 2014-2017. Saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk.

Selanjutnya, Tumiyana pernah menjabat Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP) pada 2016-2018 dan Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (PT WIKA) pada 2018-2020.

Sementara, Abdullah Azwar Anas pernah menjadi anggota MPR RI dan DPR RI serta mantan Bupati Banyuwangi selama dua periode mulai 2010-2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.