Kompas.com - 18/01/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bakal menyuguhkan konsep ruang kerja modern yakni workcation.

Sehingga kota ini nantinya juga memberikan kenyamanan dalam bekerja dengan cara-cara yang baru.

"Cara-cara kerja yang kalau saya pakai istilah itu workcation, jadi bekerja sambil berlibur," ujar Suharso dalam konferensi pers pembahasan RUU IKN, Selasa (18/01/2022).

Menurut dia, preferensi orang-orang saat ini sudah tidak bekerja di tengah atau di dalam gedung besar. Tidak mau lagi bekerja di tengah-tengah hutan beton.

Baca juga: RUU IKN Resmi Disahkan, Pemindahan Ibu Kota Bakal Jadi Kenyataan

"Orang ingin bekerja dengan suasana yang lebih rileks dan lebih produktif, dan ruang-ruang yang augmented virtual reality (AVR) itu akan lebih banyak," jelasnya.

Dengan demikian, dia menyebut generasi-generasi alpha, beta, dan masa depan Indonesia tentu akan menikmati hal itu di Nusantara.

"Jadi mudah-mudahan kota ini menjadi contoh untuk kota-kota kita yang akan datang," tandasnya.

Akan tetapi, Suharso menyatakan bahwa pelaksanaan pembangunan dan pemindahan ibu kota negara tidak seperti lampu Aladdin.

Hal itu dilakukan secara bertahap dan dalam rangka mewujudkan visi jangka panjang Indonesia 2045.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.