Selain Diskon PPN dan DP 0, Pembeli Rumah Berharap Keringanan BPHTB

Kompas.com - 18/01/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2022 Pemerintah kembali melanjutkan sejumlah program stimulus untuk menggairahkan sektor properti pada masa pandemi.

Di antaranya adalah insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang berlaku hingga Juni 2022 serta kebijakan DP 0 Persen sampai Desember 2022.

Sejumlah stimulus ini merupakan hal positif dan memberi pengaruh terhadap pasar properti selama setahun terakhir.

Kendati demikian, Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, perlu juga dicermati soal ketepatan kebijakan insentif PPN properti.

"Mengingat kebijakan ini hanya berlaku bagi rumah baru dan rumah siap huni sehingga makin mempersempit cakupan manfaat insentif tersebut," ujar Marine dalam rilisnya, Selasa (18/01/2022).

Baca juga: Ada Diskon PPN Properti 50 Persen, Cek Pilihan Rumah di Depok

Dia menyatakan, ada komponen lain yang bisa dijadikan sasaran pemerintah untuk meringankan calon pembeli rumah sekaligus menggairahkan industri properti.

Misalnya dengan pembebasan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Sedianya beberapa pemerintah daerah (pemda) sudah menjalankan kebijakan ini.

"Namun perlu koordinasi lebih lanjut antara pemerintah pusat dengan pemda," jelasnya.

Pembebasan BPTHB akan cukup membantu para calon pembeli rumah, sebagaimana hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2021.

Dari jumlah 1.078 reseponden se-Indonesia, sebanyak 70 persen berharap ada keringanan BPHTB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.