Kompas.com - 17/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com – Sebagai upaya mengendalikan banjir di Bandung, Jawa Barat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menambah infrastruktur penunjang.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (17/1/2022), contoh upaya yang telah dilakukan adalah Kolam Retensi Andir dan 4 polder di Kabupaten Bandung yang mampu mengurangi risiko banjir di Kawasan Bandung Selatan.

Adapun Kolam Retensi Andir tersebut dirancang dan dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Infrastruktur tersebut dikatakan mampu menampung genangan banjir sekitar 160.000 meter kubik yang biasanya menggenangi wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah serta memompanya ke sungai setelah kondisi kembali normal.

Kolam Retensi Andir didirikan pada luas daerah tangkapan air atau catchment area seluas 149 hektar dan dilengkapi dengan pompa 3 unit berkapasitas masing-masing 500 liter per detik.

Sedangkan infrastruktur polder sebanyak 4 unit yang dibangun, meliputi Polder Cipalasari-1, Polder Cipalasari-2, Polder Cijambe dan Polder Cisangkuy.

Pada Polder Cipalasari-1, luas tangkapan air yang dimiliki adalah 22 hektar dengan volume tampung sebesar 1.250 meter kubik.

Sudetan CisangkuyKementerian PUPR Sudetan Cisangkuy
Sementara di Polder Cipalasari-2, luas area tangkapan airnya adalah 21 hektar dengan volume tampung yang sama, yaitu 1.250 meter kubik.

Selanjutnya Polder Cijambe memiliki luas tangkapan air sebesar 137 hektar yang dilengkapi dengan volume tampung 1.250 meter kubik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.