Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2022, 20:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) dilaporkan telah membuka kunjungan untuk umum mulai hari Jumat (14/1/2022), meski progres pembangunannya masih di angka 93,85 persen.

Manajer proyek JIS Arry Wibowo mengatakan bahwa tahap pengerjaan yang sedang dilakukan saat ini adalah penyelesaian main stadium.

Adapun kunjungan masyarakat umum tersebut boleh dilakukan hingga Maret 2022 atau pada saat seluruh konstruksi telah rampung.

Untuk diketahui, area JIS saat ini dibagi menjadi dua, yakni area hijau dan area merah. Area yang sudah bisa dikunjungi sekarang hanya pada sejumlah area di zona hijau.

Sejumlah area yang dimaksud, meliputi ramp barat, areal lapangan tanding dan ruang konferensi pers.

Baca juga: Meski Belum Rampung, JIS Sudah Terima Pengunjung

"Jadi area hijau ini merupakan area yang bebas APD karena bebas dari kegiatan konstruksi, baik itu jangkauan tower crane ya," jelas Arry di lokasi.

Sementara zona merah masih ditutup karena faktor pengerkaan konstruksi yang masih berlangsung sehingga membutuhkan alat pelinfung diri lengkap ketika melintas area tersebut.

Lebih lanjut, yakni terkait syarat, masyarakat yang ingin berkunjung ke JIS diharuskan untuk mengisi link http://bit.ly/kunjunganJIS.

Di dalam link tersebut terdapat beberapa informasi yang wajib diisi, seperti alamat e-mail, nama pemohon, nomor telepon, jumlah orang yang akan hadir, tujuan kehadiran, transportasi menuju JIS, kondisi kesehatan saat ini dan telah memiliki sertifikat vaksin.

Selain itu, pengunjung dapat berkunjung hanya pada hari Selasa pada 2 sesi jam kunjungan, yaitu pukul 10.00 - 12.00 WIB dan pukul 15.00-17.00 WIB.

Lebih lanjut, pengunjung juga harus mengisi tempat asal, yakni dari komunitas, content creator atau media massa.

Terakhir, pengunjung diwajibkan untuk menyantumkan link akun Instagram, Youtube atau nama media serta bersedia untuk memberikan hasil foto atau video kunjungan ke Jakpro Group.

Menjelaskan lebih lanjut terkait progres pembangunan JIS, Arry mengatakan pihaknya sedang memasang atap membran EFTE atau atap transparan.

Kemudian juga masih terdapat pengerjaan rangka fasad dan penyelesaian area permainan di stadion.

Rencananya, pada bulan Februari mendatang, seluruh kursi stadion telah terpasang, yang mana saat ini masih mencapai 30.000an kursi tribun reguler.

Fasilitas lain yang telah selesai dikerjakan adalah lampu dan professional sound system. Sedangkan scoring board, satu dari dua bagian LED monitor berikuran 15 x 30 meter juga telah rampung diuji coba.

Tidak hanya itu, tersedia pula ruang ganti pemain home dan away, fasilitas VIP hingga VVIP.

"Jadi sisa pekerjaan enam koma sekian persen itu untuk menyelesaikan beberapa item yang tadi," jelas Arry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com