Kompas.com - 17/01/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Nusantara sebagai nama Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Rapat Kerja (Raker) Pansus RUU IKN di Gedung DPR RI Senin (17/01/2022).

"Ini penamaan dari Presiden langsung. Dan namanya itu Nusantara, alasannya Nusantara udah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," kata Suharso dalam rapat tersebut.

Suharso menjelaskan, Nusantara sebagai nama IKN Baru telah melalui proses dan pembahasan yang panjang.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Undang Ahli Bahasa Terkait Nama IKN Nusantara

Dia mengeklaim, penamaan tersebut juga telah melibatkan para ahli, di antaranya ahli bahasa dan sejarah.

"Kami sudah konsultasi dengan ahli bahasa, dan juga ahli sejarah. Menurut mereka, yang selanjutnya disebut IKN itu nanti adalah Nusantara, jadi frasa IKN-nya dihilangkan," kata Suharso dalam rapat tersebut.

Menurut Suharso, sebelumnya terdapat sekitar 80 nama yang diusulkan untuk IKN Baru tersebut.

"Jadi yang kami ajukan kepada bapak Presiden Jokowi itu cukup banyak sekali termasuk kami panggil para ahli bahasa ahli sejarah, kemudian mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami," tutur dia.

Selanjutnya usulan daftar nama IKN dibahas dan diteliti oleh para pakar. Beberapa nama yang diusulkan menjadi nama IKN baru di antaranya yaitu Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertinggi Pura, Wanapura, dan Cakrawala Pura.

Baca juga: Adakah Pengungkit Investasi di IKN Baru?

"Para pakar itu ikut memilih dan membahas kata-lata yang paling tepat dan banyak sekali pilihan yang diusulkan itu ada 80-an lebih. Tapi kemudian dipilihlah nama Nusantara, tanpa kata Jaya," ungkap Suharso.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.