Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Bupati PPU Rp 34 Miliar, di Jadebotabek Setara 39 Unit Apartemen

Kompas.com - 14/01/2022, 16:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan karena membangun rumah dinas dengan anggaran Rp 34 miliar.

Pembangunan rumah dinas tersebut menuai kontroversi karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Dikutip dari Tribun Kaltim, pada Senin, 23 Agustus 2021, Abdul Gafur mengatakan mahalnya biaya pembangunan rumah dinas itu karena lokasinya berada di pinggir pantai.

"Jadi anggarannya itu, kalau tidak salah ada Rp 34 miliar. Yang pertama kenapa mahal, tentunya memang posisi landscape, memang di pinggir pantai, jadi ada sedikit penimbunan dan lain-lain," ujar Abdul, Senin (23/08/2021).

Rumah di atas lahan 2 hektar tersebut dibangun di wilayah pesisir tepatnya di Kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam.

Baca juga: Tahun Baru, Yuk Cari Apartemen di Bawah Rp 1 Miliar di Tangerang

Lokasinya langsung mengarah ke Kota Balikpapan dan dekat dengan Jembatan Sesumpu yang terletak di Kelurahan Kampung Baru.

Dia membeberkan, kontrak senilai Rp 34 miliar terdiri dari bangunan utama Rp 6,1 miliar, bangunan pendukung (pos jaga, tempat parkir, dan ruang ME) Rp 831 juta.

Kemudian jaringan listrik tegangan menengah dan trafo Rp 1,9 miliar, site development (sheet pile, pancang, timbunan, saluran udict, jalan lingkungan, tiang dan dinding pagar keliling) senilai Rp 22,1 miliar.

Dengan anggaran Rp 34 miliar tersebut, sejatinya Anda dapat membeli sebanyak 39 unit hunian apartemen dekat stasiun kereta dan halte LRT di kawasan Jadebotabek. Apa saja?

1. Mahata Tanjung Barat seharga Rp 602 juta (4 unit)

Mahata Tanjung Barat merupakan apartemen terintegrasi dengan moda transportasi kereta commuter yang dibangun oleh Perumnas.

Terdapat 3 tipe unit yang ditawarkan di hunian vertikal ini, mulai studio sampai tipe dua kamar tidur di tiga tower yang dibangun.

Untuk tipe studio dengan luas 24 meter persegi, pengembang menawarkan dengan harga Rp 602 juta.

Pemberitaan Kompas.com, 13 Desember 2020 menyebutkan, Apartemen Mahata Tanjung Barat dibangun di lahan seluas 15.244 meter persegi dengan total hunian sebanyak 1.216 unit.

2. Mahata Margonda seharga Rp 1 miliar (7 unit)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com