Metaverse Semakin Populer, Akankah Berpengaruh pada Sektor Perhotelan?

Kompas.com - 14/01/2022, 12:30 WIB
ilustrasi Metaverse Digital Trendsilustrasi Metaverse

KOMPAS.comDunia digital atau Metaverse menjadi semakin populer seiring berjalannya waktu. Terlebih banyak perusahaan besar dan investor yang turut berpartisipasi dalam tren ini.

Contohnya adalah Facebook dan Microsoft yang mengganti nama dan menambahkan fitur mereka untuk menyambut lahirnya teknologi baru Metaverse, seperti dilansir dari Hospitality Net, Kamis (13/1/2022).

Dalam Metaverse, terdapat AR/VR dan avatar yang berfungsi untuk menggantikan bentuk fisik manusia di dunia digital tersebut untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti yang dilakukan di dunia nyata.

Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri, termasuk di industri perjalanan bisnis yang sangat dipengaruhi oleh adanya kunjungan tamu, meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) dengan sumbangan sebesar 17,5 persen lebih banyak dibanding tamu liburan.

Baca juga: Apakah Orang Indonesia Siap Berinvestasi Tanah dan Rumah di Metaverse?

Sementara Metaverse, diketahui memiliki andil untuk mengubah sektor MICE menjadi suatu hal baru.

Lantas, akankah adanya Metaverse dapat memengaruhi sektor perhotelan?

Terkait hal ini, Penemu Travel Singularity Simone Puerto berpendapat, Metaverse pasti akan menjadi tambang emas untuk industri mikrotransaksi online, seperti game.

Kendati demikian, menurutnya Metaverse tidak akan pernah menjadi arus utama kehidupan, terlebih jika membahas sektor perhotelan.

Lebih lanjut Puerto mengatakan, Metaverse mungkin akan berperan selama fase awal perjalanan para pelancong, seperti menyediakan tujuan dan akomodasi.

Tetapi teknologi ini tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang hanya bisa dilakukan secara fisik, misalnya untuk menikmati hidangan lezat di restoran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.