Temui Menteri Siti Nurbaya, Wagub Sumut Bicara Ekowisata, Jalan Alternatif sampai Orang Utan

Kompas.com - 11/01/2022, 11:00 WIB
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat berbincang dengan Menteri Siti Nurbaya di rumah dinasnya, Senin (10/1/2022) Dok: Diskominfo SumutWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat berbincang dengan Menteri Siti Nurbaya di rumah dinasnya, Senin (10/1/2022)

MEDAN, KOMPAS.com - Sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendorong kemajuan ekonominya.

Selain Danau Toba, pengembangan destinasi wisata konservasi dan alam (ekowisata) Bukit Lawang dan Tangkahan di Kabupaten Langkat serta pembukaan jalur alternatif di Kabupaten Karo menjadi fokus utama.

Pengembangan lokasi wisata dan jalur alternatif tersebut bersinggungan dengan hutan negara yang ada di Sumut seperti Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan dan kawasan hutan lainnya.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah didampingi Kepala Dinas Kehutanan Sumut Herianto menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar yang didampingi Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno di rumah dinasnya di Jakarta.

Baca juga: Wagub Sumut Minta Sterilisasi Bandara Silangit dari Makanan Berbahaya

"Pertemuan tadi membicarakan beberapa hal terkait hutan di Sumut, terutama yang menunjang pariwisata Bukit Lawang dan Tangkahan, juga Karo," kata Musa dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/1/2022).

Selain itu, Global Climate Fund Indonesia juga menjadi bahan perbincanga. TNGL dengan kekayaan sumber daya alamnya memiliki potensi serapan dan simpanan karbon yang cukup besar.

Pemprov Sumut berkomitmen menjaga kawasan hutan primer ini seperti yang diamanatkan pemerintah Indonesia.

"Sumut akan memulai konsesi oksigen yang kita hasilkan dari Hutan Gunung Leuser yang dicetuskan melalui Paris Agreement yang tertuang di Perpres 98 tahun 2021," katanya lagi.

Terkait Bukit Lawang dan Tangkahan, Musa bilang, pihaknya meminta dukungan untuk mengaktifkan kembali konservasi Orang Utan di Bukit Lawang yang sudah lama tidak beroperasi.

"Alhamdulillah, disetujui Bu Menteri. Pola kerjasamanya nanti akan ditindaklanjuti," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.