Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Masyarakat 10 Provinsi Ini Paling Bahagia di Indonesia?

Kompas.com - 11/01/2022, 10:02 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebahagiaan merupakan kondisi yang didambakan semua orang dalam menjalani kehidupan di daerah tinggalnya.

Kebahagiaan adalah hal yang sangat subyektif, tetapi pernahkah Anda berpikir bahwa masyarakat dari daerah mana saja yang memiliki tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia?

Mungkin, survei dari Badan Pusat Statistika (BPS) bisa menjawab rasa penasaran Anda. Lembaga ini baru saja merilis Indeks Kebahagiaan Indonesia 2021.

Baca juga: Makin Banyak Megacity, Indonesia Butuh Lanskap Perencanaan Kota Layak Huni

Terdapat 10 provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia pada 2021. Nilainya pun berada di atas indeks keseluruhan Indonesia.

Namun, dari 10 urutan teratas itu, enam provinsi di Pulau Jawa, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, tidak termasuk di dalamnya.

Justru provinsi dari luar jawa yang bertengger di peringkat teratas dengan perolehan indeks kebahagiaan tertinggi. Berikut daftarnya:

1. Maluku Utara 76,34
2. Kalimantan Utara 76,33
3. Maluku 76,28
4. Jambi 75,17
5. Sulawesi Utara 74,96
6. Kepulauan Riau 74,78
7. Gorontalo 74,77
8. Papua Barat 74,52
9. Sulawesi Tengah 74,46
10. Sulawesi Tenggara 73,98

Mengapa masyarakat di 10 provinsi ini paling bahagia?

BPS mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan 19 indikator yang tercakup dalam tiga dimensi kehidupan, meliputi dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan, dan dimensi makna hidup.

Dimensi kepuasan hidup dibedakan menjadi subdimensi kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial.

Survei ini dilaksanakan secara serentak di semua kabupaten atau kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia, mulai 1 Juli 2021 sampai 27 Agustus 2021.

Unit analisisnya adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random). Metode sampling (sampling method) yang digunakan untuk memilih sampel adalah Two Stage One Phase Sampling.

Adapun total sampel rumah tangga yang diperlukan untuk estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

Melansir dari hasil survei tersebut, Indeks Kebahagiaan Indonesia pada 2021 sebesar 71,49, dengan indeks kebahagiaan penduduk perkotaan 71,73 dan perdesaan 71,17.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com