Kompas.com - 11/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebahagiaan merupakan kondisi yang didambakan semua orang dalam menjalani kehidupan di daerah tinggalnya.

Kebahagiaan adalah hal yang sangat subyektif, tetapi pernahkah Anda berpikir bahwa masyarakat dari daerah mana saja yang memiliki tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia?

Mungkin, survei dari Badan Pusat Statistika (BPS) bisa menjawab rasa penasaran Anda. Lembaga ini baru saja merilis Indeks Kebahagiaan Indonesia 2021.

Baca juga: Makin Banyak Megacity, Indonesia Butuh Lanskap Perencanaan Kota Layak Huni

Terdapat 10 provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia pada 2021. Nilainya pun berada di atas indeks keseluruhan Indonesia.

Namun, dari 10 urutan teratas itu, enam provinsi di Pulau Jawa, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, tidak termasuk di dalamnya.

Justru provinsi dari luar jawa yang bertengger di peringkat teratas dengan perolehan indeks kebahagiaan tertinggi. Berikut daftarnya:

1. Maluku Utara 76,34
2. Kalimantan Utara 76,33
3. Maluku 76,28
4. Jambi 75,17
5. Sulawesi Utara 74,96
6. Kepulauan Riau 74,78
7. Gorontalo 74,77
8. Papua Barat 74,52
9. Sulawesi Tengah 74,46
10. Sulawesi Tenggara 73,98

Mengapa masyarakat di 10 provinsi ini paling bahagia?

BPS mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan 19 indikator yang tercakup dalam tiga dimensi kehidupan, meliputi dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan, dan dimensi makna hidup.

Dimensi kepuasan hidup dibedakan menjadi subdimensi kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.