Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Peralatan Dapur yang Bakal Ngehits Pasca-pandemi

Kompas.com - 10/01/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comPandemi Covid-19 memberikan banyak dampak, salah satunya adalah dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah.

Oleh karena itu, muncul kegiatan-kegiatan baru untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan kebosanan, seperti mencoba berbagai resep masakan baru.

Melalui hal tersebut, minat baru pada ruangan dapur serta peralatan yang ada di dalamnya agar lebih meningkatkan fungsionalitas turut hadir.

“Selama masa karantina Covid-19, orang-orang mulai memasak lagi dan benar-benar tinggal di dapur mereka,” ujar pemiliki Vipp Kitchens, Frak Christensen Egelund, dilansir dari Architectural Digest, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Permak Dapur Lama Anda dengan Biaya Murah

Lantas, peralatan dapur apa saja yang akan ngetren di masa pasca pandemi mendatang menurut para ahli? Simak penjelasannya berikut ini:

Penyimpanan built in

Penyimpanan peralatan dapur secara built-in bisa membuat peralatan dapur tidak terlihat di meja dapur sehingga mampu meminimalisir kekacauan visual.

Ini juga bisa membantu bagi pemilik rumah yang tidak memiliki ruang dapur berlebih dan masih membutuhkan peralatan dapur yang bisa dijangkau dalam jarak dekat.

“Orang-orang tidak ingin dapur mereka terasa berat dengan peralatan stainless steel besar dimana-mana,” kata desainer interior, Amy Kartheiser.

Sebagai contoh, proyeknya baru-baru ini menggunakan cermin antik di lemari es dan freezer yang berdampingan, sehingga lebih terlihat seperti perabot daripada alat.

Sedangkan untuk peralatan yang tidak bisa disimpan secara built-in, kehalusan bentuk alat adalah kuncinya. Adapun contoh yang dimaksud adalah seperti kompor tanam hingga tudung oven pintar.

Selain itu, peralatan yang disimpan secara built in juga diimbangi dengan peralatan canggih. Misalnya adalah lemari es yang terintegrasi dengan sistem layar sentuh dan dapat diakses oleh ponsel.

“Bahkan ada kemari es yang memiliki fitur dimana pintu lemari es memngkinkan Anda meliat ke dalam dengan menekan sebuah tombol,” tambah Kepala Teknologi Konsumen WGSN, Sarah Housley.

Peralatan tahan lama

Dengan adanya pandemi Covid-19 selama dua tahun ini, lebih banyak aspek lingkungan yang lebih diperhatikan. Ini rupanya juga berpengaruh pada pemilihan peralatan dapur di rumah.

Masyarakat menjadi lebih condong ke peralatan berkelanjutan yang tahan lama dan berfungsi dengan baik.

“Ada penekanan yang berkembang pada peralatan berkelanjutan yang dirancang untuk dapur,” Housley kembali menjelaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com