Terpanjang di Indonesia, Bentang Jembatan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso Bakal Jadi Ikon Baru

Kompas.com - 08/01/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Elevated Rail Jalur Ganda Kereta Api (KA) Solo-Semarang Fase 1 Solo Balapan-Kalioso resmi dimulai oleh pemerintah, Sabtu (8/1/2022).

Dimulainya pembangunan infrastruktur ini ditandai dengan penekanan sirene pada acara groundbreaking (peletakan batu pertama) tersebut.

Penekanan sirene pada acara peletakan batu pertama ini dilaksanakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian.

Gibran mengatakan, elevated rail (rel layang) ini diharapkan dapat menjadi ikon baru kota Solo. Hal ini menyusul bentang jembatan tipe pelengkung yang digunakan sepanjang 270 meter.

"Dan pada akhirnya, elevated rail menjadi ikon baru kota Solo," terang Gibran dalam sambutannya pada acara tersebut.

Diketahui, Jalur Ganda KA Solo-Semarang Fase 1 Balapan-Kalioso menyerap nilai sejarah dan kearifan budaya lokal, seperti motif batik Sidomukti, Pasar Klewer, dan Keraton.

Baca juga: Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso Resmi Dibangun

Dia menuturkan, pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di pusat persimpangan Kota Solo, yakni Simpang Joglo.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menyosialisasikan dan berkoordinasi dengan masyarakat sekitar, termasuk dampak yang ditimbulkan dari pembangunan ini.

Selain mengurangi kemacetan, rel layang ini diharapkan dapat menambah pergerakan kegiatan ekonomi di Solo dan menjadi solusi permasalahan banjir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.