Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Rumah Termahal Sedunia Ada di India

Kompas.com - 07/01/2022, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comRumah digambarkan sebagai tempat berlindung dan area paling nyaman untuk beristirahat atau berkumpul bersama keluarga setelah seharian beraktivitas di luar.

Bagi sebagian orang, membangun rumah dan mengisinya dengan pertimbangan anggaran yang terjangkau mungkin adalah pilihan utama.

Tetapi, beberapa orang lain yang tentunya memiliki dana lebih, memilih membangun rumah dengan harga fantastis, bahkan paling mahal di dunia.

Misalnya rumah Antilia di Mumbai, India. Dilansir dari Architectural Digest, Jumat (7/1/2022), rumah ini dimiliki oleh orang terkaya di India, Mukesh Ambani.

Baca juga: Jelajah Rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono, Sarat Nuansa Pastel Menyegarkan

Dengan luas sekitar 3,7 hektar di Altamount Road, Mumbai, yang termasuk sebagai wilayah termahal di dunia, Antilia dikabarkan menghabiskan dana pembangunan sebesar Rp 14,3 triliun-Rp 28,7 triliun.

Pengeluaran tersebut bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan anggaran pembangunan Istana Buckingham, London.

Lebih lanjut, rumah Antilia ini dirancang oleh arsitek Perkins and Will, perusahaan arsitek yang berbasis di Chicago dan berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi Australia, Leighton Holdings.

Dengan harga semahal itu, rumah ini memiliki 27 lantai dengan langit-langit super tinggi yang setiap lantainya setara dengan rata-rata tinggi bangunanan dua lantai.

Tidak hanya itu, Antilia juga memiliki kekuatan untuk bertahan dari gempa hingga 8 skala richter.

Adapun salah satu fasilitas mewah yang dimiliki adalah penyediaan 6 lantai khusus untuk mobil koleksi pemiliknya, seperti Mercedes Maybach 5 Crore.

Masih membahas tentang rumah termahal di dunia, contoh lain yang masuk dalam daftar adalah Vila Les Cèdres di Riviera, Perancis.

Menampilkan bentuk seperti istana, pada pembangunannya di tahun 1830, hunian ini memang ditujukan untuk Raja Belgia kala itu.

Memiliki luas sekitar 0,16 hektar, Vila Les Cèdres ini disebut memiliki harga sebesar Rp 5,8 triliun.

Harga tersebut sebanding dengan fasilitas lengkap yang dimiliki, seperti 14 kamar tidur, kolam renang standar olimpiade, perpustakaan berpanel kayi dengan 3.000 buku tentang flora dan naturalisme, kolam buatan dengan bunga bakung Amazon.

Terdapat pula patung perunggu Athena, ruang dansa dengan lampu gantung, kandang kuda yang muat untuk 30 ekor, ruang duduk yang luas, lukisan abad 19 dan banyak perabotan kayu yang menakjubkan.

Sehingga, jika dilihat dari seluruh fasilitas dan nilai seni yang dimiliki, vila tersebut bisa dikatakan sebagai rumah termahal di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com