Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menghilangkan Goresan pada Kaca agar Tampak seperti Baru

Kompas.com - 07/01/2022, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comKaca jendela, meja, cermin atau yang ada pada perabotan lainnya tidak jarang mengalami goresan.

Ini bisa terjadi akibat cakaran hewan peliharaan, gesekan ranting pohon pada kaca jendela luar atau benturan benda lain di rumah.

Selain tidak sedap dipandang, goresan pada kaca yang tidak segera diperbaiki berpotensi menjadi semakin jelas terlihat seiring berjalannya waktu dan mempercepat kerusakan.

Sementara itu, dilansir dari berbagai sumber, memperbaiki goresan pada kaca bisa dilakukan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan yang ada di rumah.

Baca juga: Buat Suasana Baru, Intip 5 Ide Warna Menarik Jendela Rumah

Cara ini dinilai aman dan efektif, kecuali jika goresan pada kaca telah menyebabkan lekukan yang bisa dirasakan dengan kuku, goresan besar atau bahkan retakan.

Kembali membahas terkait tips menghilangkan goresan pada kaca melalui cara yang mudah, bahan pertama yang bisa digunakan adalah pasta gigi.

Dalam hal ini, pasta gigi yang direkomendasikan untuk digunakan adalah yang mengandung soda kue atau diformulasikan untuk memutihkan. Produk tersebut bekerja lebih baik ketimbang pasta gigi formula gel.

Sedangkan caranya adalah oleskan pasta gigi ke kain lap lembut atau sudah usang dengan gerakan melingkar kecil. Pada proses ini, dibutuhkan sedikit tekanan di atas goresan.

Setelah 30 detik mengaplikasikan pasta gigi ke goresan kaca, gunakan lap bersih untuk menyeka sisa pasta gigi. Cara ini bisa diterapkan berulang kali sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian, cara yang kedua adalah dengan menggunakan cat kuku bening.

Oleskan cat kuku bening pada goresan kaca dan biarkan mengering sekitar 1 jam. Setelah itu, gunakan kain yang sedikit dibasahi dengan penghapus cat kuku untuk mengusap permukaannya dan menghilangkan cat kuku yang berada di luar goresan.

Tidak ketinggalan, soda kue, bahan yang selalu jadi andalan untuk membersihkan dan memperbaiki,  juga disebut mampu menghilangkan goresan pada kaca.

Caranya adalah campurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama hingga menjadi berbentuk pasta.

Lalu, oleskan pasta soda kue dan gunakan cara yang sama seperti saat menggunakan bahan pasta gigi untuk menghilangkan goresan.

Terakhir, bersihkan sisa soda kue dengan kain bersih dan air hangat untuk hasil yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com