Kompas.com - 06/01/2022, 08:00 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Desain final Istana Negara atau Istana Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nyoman Nuarta, sang desainer, mengatakan basic design Istana Negara telah menjadi desain terakhir yang siap diwujudkan.   

“Artinya desain yang saya presentasikan di hadapan Bapak Presiden, sudah tidak bisa lagi diubah, sudah final sebagai desain istana kepresidenan,” kata Nyoman dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (05/01/2022).

Nyoman menjelaskan proses disetujuinya desain tersebut diawali pada 3 Januari 2022. Dia diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempresentasikan basic design kepada Presiden Jokowi.

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial," lanjut dia. 

Presiden minta luas RTH 100 hektar 

Nyoman yang juga Budayawan asal Bali ini menceritakan salah satu yang menarik dalam pembahasan mengenai desain Kompleks Istana Garuda yaitu ketika Presiden Jokowi bertanya terkait luasan ruang terbuka hijau berupa botanical garden yang dinilai kurang luas.

“Pak Presiden bilang kenapa terlihat sempit ya? Saya katakan, area yang diberikan berangkat dari 32 hektar, tetapi sudah diperluas menjadi 55 hektar," kata Nyoman.

Atas hal ini, Jokowi langsung meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menambah luasan area menjadi 100 hektar.

"Pak Presiden malah tanya saya, Pak Nyoman maunya berapa luas? Saya bilang harusnya 100 hektar, masa area kompleks istana kepresidenan lebih kecil dari area Garuda Wisnu Kencana,” tuturnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.