Kompas.com - 03/01/2022, 17:30 WIB
Ilustrasi penggunaan Google Glass Android PoliceIlustrasi penggunaan Google Glass

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun masa depanya belum bisa diprediksi, metaverse merupakan tren yang sedang diikuti oleh berbagai perusahaan teknologi besar.

Beberapa bulan lalu, perusahaan jejaring sosial ternama, Facebook telah berganti nama menjadi Meta untuk menjual visinya tentang masa depan.

Seperti dikutip dari Android Police, ikuti jejak perusahaan teknologi lainnya, Google juga kabarnya berusaha untuk membuat produk untuk menandakan keterlibatan mereka dalam dunia metaverse.

Baca juga: Shanghai Seriusi Pengembangan Metaverse

Seperti diketahui Google telah mengkuisisi perusahaan kacamata pintar asal Kanada, North pada musim panas tahun 2020.

Memang hingga sekarang, belum jelas proyek apa yang akan diciptakan oleh Google setelah mengakuisisi North.

Namun dengan kehadiran Metaverse, kemungkinan besar proyek yang kemungkinan besar dirilis adalah kacamata pintar.

Dengan mikrofon internal dan kontrol dering yang terdapat pada jari pengguna, kacamata pintar milik North bisa digunakan bahkan saat berjalan-jalan.

Ini adalah visi untuk masa depan yang dimiliki Google selama hampir satu dekade setelah pertama kali meluncurkan Google Glass di tahun 2013.

Meskipun rilis komersial tidak pernah berhasil, sepertinya jenis proyek ini dapat kembali dikerjakan Google.

Terlebih kabarnya Google telah merekrut bekar karyawan Oculus, yang sebelumnya pernah memimpin pengembangan pada sistem operasi AR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.