Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Bendungan Ladongi Suplai Air Irigasi 4 Kabupaten

Kompas.com - 28/12/2021, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) merampungkan pembangunan Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Berkolaborasi dengan PT Bumi Karsa (Bumi Karya), bendungan pertama di Sulawesi Tenggara ini pun diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (28/12/2021).

Pembangunan Bendungan Ladongi yang dikerjakan dalam dua paket yakni paket I pada tahun 2016-2020 dan paket II mulai tahun 2019-2021, kini siap untuk menyuplai air irigasi seluas 3.604 Hektar lahan pertanian di 4 kabupaten wilayah sekitar Kolaka Timur.

Baca juga: Naik Perahu Naga, Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Sultra

Bendungan Ladongi memiliki kapasitas daya tampung sebesar 45,9 juta meter kubik air.

"Harapannya, fungsi dari Bendungan Ladongi bukan hanya untuk kebutuhan pengairan sawah saja, tetapi juga bendungan ini akan dimanfaatkan untuk pembinaan atlet dayung dan menjadi objek wisata baru utamanya wisata air," kata Jokowi saat peresmian.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa Bendungan Ladongi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama lima tahun secara multi years dan didanai oleh APBN dengan anggaran sebesar Rp 1,14 triliun. 

Hutama Karya telah memulai pembangunan Bendungan Ladongi ini sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2020 lalu untuk pembangunan tahap I.

"Meski dalam pembangunan lanjutan yang dimulai pada tahun 2019 sampai dengan 2021 ini dihadapkan dengan pandemi Covid-19, namun atas komitmen kami, Bendungan Ladongi ini dapat rampung sesuai target,’’ ucap Budi. 

Setelah pembangunan Bendungan Ladongi ini, Hutama Karya kembali dipercaya untuk melanjutkan pembangunan bendungan yang terletak di Konawe, Sulawesi Tenggara yakni Bendungan Ameroro yang baru dimulai konstruksinya pada 2021 ini.

Dengan adanya Bendungan Ladongi di Provinsi Sulawesi Tenggara diharapkan akan
memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar yaitu sebagai penyediaan air baku sebesar 120 liter per detik.

Kemudian menyalurkan air saat musim kemarau bagi 37.926 jiwa penduduk guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan sehingga dapat meningkatakan hasil produksi pertanian di daerah tersebut.

Selain itu, bendungan ini juga telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar sejak proyek dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com