Kompas.com - 28/12/2021, 13:00 WIB
MRT Fase 4 Fatmawati-Taman Mini MRT JakartaMRT Fase 4 Fatmawati-Taman Mini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan mengembangkan MRT Fase 4 Fatmawati-Taman Mini pada tahun 2022 mendatang.

Direktur MRT Jakarta William Sabandar mengatakan MRT Fase 4 nantinya akan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sejauh ini, Korea Selatan menjadi salah satu investor yang berminat dan menyatakan keseriusannya dalam menggarap proyek MRT Fase 4 tersebut.

"Rencana MRT Fase 4 ini akan digarap mulai tahun 2022. Sudah ada beberapa yang berminat, tetapi yang cukup serius dan menyatakan minatnya itu adalah dari Korea Selatan," kata William dalam acara forum jurnalis MRT Jakarta secara virtual, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Ini Kata Arkeolog Soal Temuan Rel Trem di Lokasi Proyek MRT Fase 2A

William menjelaskan hingga kini pihaknya juga masih terus berupaya mencari pendanaan untuk pembangunan proyek tersebut.

Dari hasil feasibility study, proyek ini setidaknya membutuhkan biaya sebesar Rp 28 triliun.

"MRT Fase 4 ini masih dalam proses, nanti kami juga akan menyaring lagi untuk penentuan siapa yang akan menggarap proyek tersebut, dan proyek ini dikerjakan dengan skema KPBU," tutur William.

MRT Fase 4 akan dibangun sepanjang 12 kilometer dengan satu depot dan 10 stasiun terdiri dari 7 stasiun bawah tanah dan 3 stasiun elevated.

Adapun kesepuluh stasiun MRT Fase 4 yaitu Stasiun Fatmawati, Antasari, Ampera, Warung Jati, Tanjung Barat, Ranco, Raya Bogor, Tanah Merdeka, Kampung Rambutan dan Stasiun Taman Mini.

Tahun 2022, MRT Jakarta menargetkan sejumlah pencapaian dalam pelaksanaan proyek MRT Fase 4.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.