Profil 3 Bendungan yang Akan Diresmikan Jokowi Jelang Tutup Tahun 2021

Kompas.com - 26/12/2021, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga bendungan dijadwalkan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir tahun ini.

Ketiga bendungan tersebut adalah Bendungan Ladongi, Bendungan Pidekso, serta Bendungan Bintang Bano.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, bendungan yang dibangun oleh Pemerintah dibangun beserta jaringan irigasi.

"Dengan demikian, pembangunan bendungan yang diikuti oleh jaringan irigasi dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," ucap Basuki.

Seperti apa profil ketiga bendungan yang pembangunannya kini sudah tuntas dan siap diresmikan Jokowi?

1. Bendungan Ladongi

Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra)Kementerian PUPR Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra)
Berlokasi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, impounding (pengisian air awal) Bendungan Ladongi telah dilaksanakan sejak akhir September.

Ladongi dirancang berkapasitas tampung 45,945 juta meter kubik dengan fungsi utama yaitu memenuhi kebutuhan irigasi masyarakat sekitar, terutama Daerah Irigasi (DI) Ladongi dengan luas layanan 3.604 hektar.

Manfaat lainnya yang akan dirasakan masyarakat dari Bendungan Ladongi di antaranya dapat memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 120 liter per detik dan memiliki potensi pembangkit energi listrik 1,3 megawatt (MW).

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 tersebut dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1,14 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.