H-1 Natal, 53.000 Kendaraan Lintasi GT Palimanan di Tol Cipali

Kompas.com - 26/12/2021, 05:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 53.000 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat malam Natal 2021 atau H-1 Natal, Jumat (24/12/2021).

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, angka ini mengalami kenaikan 16,36 persen dibandingkan lalu lintas (lalin) normal.

"Volume lalin di Tol Cipali mengalami peningkatan 16,36 persen dibandingkan normal," ujar Suyitno dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021).

Saat malam Natal, Astra Tol Cipali mengoptimalkan bukaan gardu di GT Palimanan sebanyak tujuh gardu utama dan dua gardu satelit.

Suyitno mengungkapkan, bukaan gardu ini tentunya akan terus disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Baca juga: Sampai H-1 Natal, 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Lewat Tol

Astra Tol Cipali juga memaksimalkan sejumlah armada layanan lalin yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, lima unit ambulans, dan dua unit mobil rescue.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menyiapkan enam unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) bersinergi dengan kepolisian wilayah setempat, serta 12 unit kendaraan derek.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi lonjakan kendaraan di Tol Cipali," tambah Suyitno.

Pada libur Natal 2021 dan tahun baru 2022, Astra Tol Cipali juga menyosialisasikan gerkan Ayo Aman Berkendara kepada seluruh pengguna jalan tol.

Ini dilakukan melalui fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS), spanduk, dan platform media sosial yang berisi imbauan keselamatan berkendara.

Suyinto mengimbau agar para pengendara selalu memantau lalin di rute yang akan dilaluinya agar perjalanan menjadi nyaman. 

Perhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan fokus pada rambu lalin.

"Dan bila perlu pasang aplikasi google maps atau waze untuk mengetahui posisi," pungkas Suyitno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.