Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Siapkan Tim Satgas Siaga Natal Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas

Kompas.com - 22/12/2021, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk secara penuh mendukung kebijakan Pemerintah terkait pengendalian pergerakan perjalanan dalam negeri pada momen Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 109 tahun 2021 yang telah diterbitkan 11 Desember 2021 silam.

Operation and Maintenance Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengungkapkan hal ini dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/12/2021).

"Ini tentang petunjuk pelaksanaan orang dalam negeri khususnya transportasi darat di kami selama masa Natal dan tahun baru," jelas Atika.

Pada SE tersebut, memuat pengaturan lalu lintas (lalin) oleh pihak Kepolisian secara situasional dan Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya di kawasan wisata, serta pengecekan pos pelayanan bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di rest area jalan tol.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalin di jalan tol, Jasa Marga telah membentuk tim Satgas JM Siaga Natal 2021 dan tahun baru serta Satgas JM Siaga Penanggulangan Kondisi Darurat, khususnya saat akhir tahun dan cuaca ekstrem.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan Sejumlah Skenario di Jalan Tol Jelang Natal-Tahun Baru

"Kemudian, kami juga sudah siaga dalam hal ini melalui Posko Pusat Nataru yang dilakukan oleh Kemenhub, kami sudah stand-by disana dengan tim mulai 17 Desember," tambah Atika.

Lalu, perseroan telah mengidentifikasi lokasi rawan kepadatan serta penanganannya dan mengoptimalkan kapasitas lajur seperti yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Sehingga, imbuh Atika, dipastikan tidak ada kendaraan gangguan di bahu jalan.

Berdasarkan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jasa Marga juga telah menghentikan sementara pekerjaan konstruksi, khususnya yang mengganggu arus lalin di tol mulai 23 Desember 2021-2 Januari 2022.

Terkait dengan antisipasi kondisi darurat dan cuaca ekstrem, Jasa Marga melakukan upaya kuratif dan preventif, terutama di area rawan genangan.

Jasa Marga juga telah memastikan para petugas siaga yang operasional telah mendapatkan vaksinasi.

Perusahaan juga bersinergi dengan Badan Usaha Milik negara (BUMN) lainnya seperti PT Jasa Raharja terkait layanan operasional kemanusiaan.

Lalu, dengan PT Pertamina (Persero) untuk menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Modular dan kemasan di lokasi khusus yang diprediksi adanya kepadatan.

Perseroan juga memastikan seluruh peralatan yang dimiliki siap dan berfungsi baik di gerbang tol (GT) maupun di lajur seperti CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio Komunikasi dan mengoptimalkan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

Terakhir, Jasa Marga turut berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub terkait pelaksanaan rekayasa lalin dan pengaturan operasional angkutan barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com