Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Jalan di Singapura Terbaik di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 19/12/2021, 16:09 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Singapura menjadi negara dengan kualitas jalan tol terbaik di dunia menurut laporan World Economic Forum (WEF) The Global Competitiveness Report.

Posisi negeri jiran Indonesia ini mengalahkan empat negara Eropa yang masuk 10 besar laporan tersebut seperti Belanda, Swiss, Portugal, serta Austria.

Dalam laporan yang dikutip Kompas.com, Minggu (19/12/2021) itu, Singapura mendapatkan skor sebesar 6.50. Kemudian, disusul Belanda pada peringkat kedua dengan skor 6.40.

Selanjutnya, Swiss mendapatkan skor 6.30, Hong Kong dan Jepang memperoleh skor 6.10, Austria dan Portugal mecetak skor sama yaitu 6.00.

Sementara posisi kesembilan ditempati oleh Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 6.00, serta Korea Selatan berada di posisi 10 yang meraup skor 5.90.

Penilaian atas jalan di negara tertentu didasari oleh WEF Executive Opinion Survey yang telah berjalan lama dan ekstensif.

Baca juga: Ini Dua Jalan Tol yang Boleh Dilintasi Sepeda Motor

Survei tersebut memanfaatkan pendapat lebih dari 14.000 pemimpin bisnis di 144 negara seluruh dunia.

Skor indikator kualitas jalan hanya didasarkan pada satu pertanyaan yaitu responden diminta untuk menilai jalan di negara tempat mereka dalam skala dari 1 (terbelakang) hingga 7 (luas dan efisien menurut standar internasional).

Jika Singapura berada pada peringkat nomor wahid, bagaimana dengan Indonesia?

Dalam laporan tersebut, Indonesia menempati urutan 59 dengan perolehan skor 4.20. Skor yang didapatkan ini sama dengan El Salvador, Yordania, dan Nikaragua.

El Salvador berada di atas satu peringkat dari Indonesia yakni 58, kemudian Yordania di posisi 60, serta Nikaragua dalam urutan ke-61.

Indonesia pun masih kalah dengan negara tetangga lainnya seperti Thailand yang menempati peringkat 56. 

Thailand memperoleh skor sebesar 4.40 atau sama dengan tiga negara Eropa lainnya seperti Belgia, Irlandia, dan Italia.

Sejauh ini, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot pembangunan infrastruktur konektivitas seperti jalan nasional dan tol.

Selama kurun lima tahun, atau periode 2019-2024, Kementerian PUPR berencana membangun 3.000 kilometer jalan nasional serta 2.274 kilometer jalan bebas hambatan berbayar atau tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com