Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga November, 124 PSN Senilai Rp 626 Triliun Rampung Dibangun

Kompas.com - 15/12/2021, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 124 Proyek Strategis Nasional (PSN) telah selesai dibangun Pemerintah sejak 2016 hingga November 2021. 

Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, jumlah PSN tersebut nilai investasinya sebesar Rp 626,1 triliun. 

Namun selanjutnya masih akan ada beberapa proyek infrastruktur yang akan menyusul selesai jelang tutup tahun 2021. 

"Kami harapkan sampai akhir Desember masih menambah menjadi 132 proyek yang sudah selesai," ujar Wahyu Utomo saat Media Gathering KPPIP, Rabu (15/12/2021). 

Baca juga: Dana PSN Transportasi Rp 925,9 Miliar Dipinjamkan Demi Pengadaan Tanah Jalan Tol

Artinya, masih ada 8 proyek yang ditargetkan rampung pada Desember 2021. Menurut dia, PSN tersebut meliputi, ruas Jalan Tol Manado-Bitung, Tol Serpong-Cinere, Kawasan Industri Morowali. 

"Nah kawasan ini begitu sudah punya izin usaha kawasan industri (IUKI) kami anggap sudah selesai, Karena semua persyaratan sudah dipenuhi dan siap menerima investasi," terangnya. 

PSN selanjutnya yakni Flyover Terminal Teluk Lamong, rumah swadaya, Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, dan Bendungan Margatiga. 

"Ini tinggal diresmikan saja," imbuh Wahyu. 

Selain proyek yang sudah selesai, ada juga proyek yang baru selesai sebagian dan beroperasi sebagian. Misalnya jalan tol dengan 4 seksi, tapi baru satu atau dua seksi yang sudah selesai. 

"Itu kami catat sebagai proyek yang sudah selesai dan beroperasi sebagain," katanya. 

Namun, terdapat pula beberapa proyek yang masih dalam proses konstruksi dan belum bisa beroperasi sebagian. 

"Ini jumlahnya cukup banyak 87 proyek. Kami mendorong agar proyek yang belum selesai ini dapat diselesaikan sebelum 2024," pungkas Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com