[POPULER PROPERTI] HGU dan HGB Paling Lama Telantar Bakal Dicabut Lebih Dulu

Kompas.com - 14/12/2021, 09:30 WIB
Sertifikat Hak Guna Bangunan harus diperpanjang 3 tahun sebelum masa berlaku selesai. Unplash/Tierra MallorcaSertifikat Hak Guna Bangunan harus diperpanjang 3 tahun sebelum masa berlaku selesai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan segera mencabut seluruh Hak Guna Bangunan (HGB) maupun Hak Guna Usaha (HGU) yang ditelantarkan.

Menurut Staf Khusus dan Juru Bicara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Teuku Taufiqulhadi, HGB dan HGU yang telantar dengan masa waktu paling lama akan menjadi prioritas utama untuk dicabut.

Setelah dicabut, HGB dan HGU ini kemudian dimasukkan ke dalam bank tanah.

"Jadi semua HGB dan HGU telantar yang ada di Indonesia ini akan dicabut dan dimasukkan ke dalam bank tanah. Adapun HGB dan HGU dengan masa telantar paling lama ini yang akan dicabut lebih dulu," kata Taufiqulhadi kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Ini menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Lalu, bagaimana mekanisme pencabutan HGB maupun HGU yang paling lama ditelantarkan tersebut?

Selanjutnya baca di sini Siap-Siap, HGB dan HGU yang Paling Lama Ditelantarkan Akan Dicabut Lebih Dulu

Artikel kedua yang menjadi terpopuler adalah rangkuman tiga berita Populer Properti edisi sebelumnya yaitu Senin (13/12/2021).

Dalam artikel tersebut memuat rangkuman alasan konsep desain minimalis yang populer sejak satu dekade terakhir sebagai interior, namun tak akan difavoritkan lagi pada tahun depan.

Lalu, prediksi Pendiri Microsoft Bill Gates terkait rapat kantor akan dilaksanakan di Metaverse dalam tiga tahun mendatang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.