Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2021, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Teras adalah salah satu bagian rumah yang jarang dibicarakan dekorasinya.

Padahal area ini memiliki banyak fungsi, seperti tempat berkumpul dengan teman, keluarga atau untuk sekedar bersantai sendirian.

Melansir The Spuce, Senin (13/12/2021), teras juga merupakan ruang tambahan untuk dekorasi rumah sekaligus tempat untuk memajang tanaman.

Selain itu, menurut Garden Media Group, diperkirakan dekorasi teras rumah akan menjadi populer di tahun depan.

Baca juga: 4 Trik Bikin Taman Teras Rumah di Lereng Bukit

Lantas, bagaimana cara memiliki dekorasi teras yang tepat? Berikut 4 ide dekorasi teras rumah yang Kompas.com rangkum untuk Anda.

1. Letakkan furnitur

Ide yang pertama adalah dengan meletakkan furnitur meja atau kursi di teras rumah. Pilih yang bisa menampung dua atau empat orang, sebagai opsi jika Anda ingin menerima tamu di teras rumah.

Selain meja dan kursi, Anda juga dapat menambahkan ornamen kain untuk taplak meja atau sekedar hiasan yang cocok untuk penggunaan luar ruangan dan tahan akan pergantian cuaca.

"Permadani luar ruangan juga akan menambah kehangatan ruangan," ujar Desainer Lanskap Linda Greenberg.

2. Cat pintu depan

Meskipun terdengar sepele, rupanya menentukan warna cat untuk pintu depan rumah bisa memengaruhi dekorasi teras.

Saran ahli adalah dengan membuat warna pintu teras rumah yang mengundang, ramah dan indah dengan menonjolkan warna cerah seperti merah cerah dan biru cerah untuk hasil akhir eksterior.

Anda juga bisa memberikan pengulangan warna untuk menghubungkan warna cat pintu dengan taman dengan memilih tanaman bunga dengan warna serupa.

3. Tambahkan tanaman

Tanaman adalah fitur terpenting di teras rumah karena. Greenberg menyarankan untuk menambahkan dua tanaman di antara pintu.

"Biasanya saya lebih suka menanam pohon cemara seperti bonsai boksus atau topiary spiral unik," ujar Greenberg.

4. Pencahayaan dan air mancur

Di samping ketiga ide di atas, hal lain yang perlu bisa ditambahkan adalah pencahayaan teras. Anda bisa memasang lampu tambahan yang fungsional.

Banyak pilihan terkait pencahayaan ini, contohnya adalah lampu gantung atau lampu gas (lampu minyak) yang sederhana untuk menciptakan kesan mendalam.

Tidak hanya itu, air mancur mini juga bisa ditambahkan jika Anda memiliki ruang teras yang cukup luas. Air mancur akan memberikan efek ketenangan melalui suara airnya yang menarik.

Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan skala ketinggian langit-langit agar air mancur sesuai dengan ruang teras yang tersedia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com