Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Bulan, 14.000 Kendaraan Melanggar Overspeed di Jalan Tol

Kompas.com - 13/12/2021, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, overspeed (kecepatan melewati batas) di jalan tol mencapai rata-rata 14.000 kendaraan dalam sebulan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan, angka ini dapat diketahui melalui data speed camera CCTV perseroan.

"Kita juga ada speed CCTV yang kita monitor, itu rata-rata satu bulan 14.000 kendaraan yang speeding berkendara lewat batas kecepatan yang ditetapkan," ujar Heru usai acara #RoadSafetyRangers Road Trip di Tangerang, Minggu (12/12/2021).

Heru melanjutkan, dari 14.000 kendaraan tersebut, 32 persen di antaranya terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Perseroan juga mencatat 81 persen kecelakaan merupakan kesalahan dari pengemudi jalan tol.

Tidak hanya di jalan tol, hampir 50 persen kecelakaan lalu lintas (lalin) didapati bahwa anak muda berusia 15 tahun hingga 39 tahun menjadi korbannya.

Oleh karena itu, perseroan berupaya dalam membangkitkan awareness (kesadaran) anak muda melalui hybrid webinar yang melibatkan hampir 600 peserta atau tepatnya 575 orang.

Dari jumlah tersebut, Jasa Marga melakukan training (pelatihan) terhadap 30 peserta dan 10 orang di antaranya terpilih untuk mewakiliki acara safety road trip tersebut bersama instruktur.

Baca juga: Jasa Marga: 81 Persen Kecelakaan Jalan Tol karena Kesalahan Pengemudi

Tujuannya, untuk memberikan pembelajaran kepada perwakilan 10 peserta dalam berkendara dengan aman (safety driving).

Lalu, terdapat lima orang pemenang juga diajak dalam acara itu yang ditetapkan sebagai pemenang lomba TikTok Competition.

Para peserta yang mewakili juga berkesempatan dalam menggunakan mobile apps yang dikembangkan Jasa Marga.

Misalnya, Travoy yaitu asisten digital untuk perjalanan di jalan tol seperti mengecek situasi lalu lintas, telepon, hingga panic shake jika dalam keadaan darurat.

Aplikasi ini juga memfasilitasi pengguna untuk bertanya soal kehilangan struk usai bertransaksi di jalan tol.

"Di Travoy itu, satu bulan transaksi kita di jalan tol itu bisa diketahui. Nah, jadi ini sangat berguna sekali bagi para pengguna," lanjut heru.

Adapun Travoy juga menyediakan maps (peta) dengan kecanggihan live CCTV untuk menggambarkan keadaan lalu lintas saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com