Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Sederhana Membersihkan Kamar Kos

Kompas.com - 13/12/2021, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan kamar kos memiliki banyak manfaat, seperti memberikan kenyamanan saat beristirahat atau membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

Namun, nyatanya membersihkan kamar kos tidak semudah itu terlebih jika Anda memiliki kegiatan yang padat.

Oleh karena itu, dilansir dari The Spruce, Minggu (12/12/2021) berikut Kompas.com rangkum 7 tips sederhana membersihkan kamar kos agar kesehatan tetap terjaga terlebih di masa pandemi.

1. Merapikan tempat tidur

Tempat tidur kos selain difungsikan untuk tidur, sering kali juga digunakan sebagai sofa atau tempat belajar. Sehingga bisa dikatakan, tempat tidur adalah titik fokus ruangan kos.

Dengan merapikan tempat tidur setiap hari atau sesaat setelah digunakan, Anda akan memberikan perbedaan yang besar pada penampilan kamar kos meski berada di ruang yang sempit.

2. Urutkan berkas-berkas

Walaupun saat ini penggunaan kertas menjadi lebih sedikit, tetapi tidak dipungkiri pasti Anda juga memiliki berkas lain selain tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan, seperti kuitansi, jadwal kelas, kartu garansi dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan kamar kos yang bersih, buatlah sistem pengarsipkan berkas agar jika Anda membutuhkannya di lain waktu, maka menjadi lebih mudah ditemukan.

3. Mencuci peralatan makan

Pastikan Anda selalu mencuci piring tepat waktu untuk mencegah munculnya jamur pada alat makan Anda.

Tidak lupa untuk menyimpan semua peralatan yang sudah bersih bersamaan dengan wadah pencuci piring, kain dan busa pencuci piring agar lebih terorganisir.

4. Buang barang yang sudah tidak terpakai

Guna membuat kamar kos menjadi lebih bersih dan rapi, Anda perlu memeriksa ulang apakah terdapat barang yang sudah tidak terpakai lagi dan harus dibuang.

Apabila kamar kos Anda dilengkapi dengan kulkas pribadi, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada makanan yang ada di kulkas.

5. Bersihkan debu

Debu adalah kotoran yang harus dibersihkan setiap hari karena sangat mudah menempel pada permukaan benda. Untuk itu, Anda perlu menyeka debu dari komputer, bingkai dan ambang jendela, ventilasi udara, kusen pintu dan barang-barang lainnya di kamar kos.

Selain itu, bersihkan juga sudut langit-langit dan dinding secara berkala untuk menghindari tumbuhnya sarang laba-laba.

Sedangkan untuk membersihkan lantai, Anda perlu menemukan produk yang tepat sesuai kebutuhan, seperti kamar berkarpet yang harus dibersihkan dengan penyedot debu dan lantai permukaan keras yang cukup dibersihkan dengan sapu.

6. Bersihkan kamar mandi

Fasilitas kamar mandi yang diberikan di kamar kos bisa hanya untuk digunakan sendiri atau digunakan bersama.

Adapun tanggung jawab Anda adalah memastikan kamar mandi tetap bersih dengan tidak membiarkan kotoran menumpuk, selalu membersihkan toilet dan wastafel terlebih setelah digunakan.

7. Kelola sampah dan berikan detail akhir

Setelah semua langkah dilakukan, Anda perlu mengumpulkan dan membuang semua sampah kamar kos ke tempatnya dan semprot ruangan dengan pewangi.

Jika Anda meminjam peralatan kebersihan, sebaiknya segera kembalikan setelah Anda menggunakannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com