Mengintip Teknologi Lighting Perawatan Rumput JIS, Diklaim Hemat Biaya

Kompas.com - 12/12/2021, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) menggunakan teknologi berstandar Eropa untuk perawatan rumputnya, yakni Lighting Grass Growth.

Teknologi ini pertama kali diterapkan di Eropa sekitar 2003-2004 silam. Lantas, apa itu Lighting Grass Growth?

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro Widi Amanasto mengatakan teknologi lampu ini sinar ultra violet (UV). Dapat membantu perawatan rumput saat cuaca yang tidak menentu.

Baca juga: Masuki Tahap Pamungkas, Pembangunan JIS Capai Progres 87,85 Persen

Misalnya hujan dengan intensitas tinggi, serta ketika kondisi lapangan tertutup dengan minim cahaya yang didapatkan untuk rumput. Sehingga akan menjaga kualitas perawatan rumput hibrida lebih baik.

"Apalagi Stadion Kita (JIS) ini tertutup, sehingga penting untuk kami menyediakan alat yang namanya Ultra Violet. Ini adalah teknologi yang sampai pada operasionalnya juga kami memiliki teknologinya," kata Widi, Jumat (10/11/2021), seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, menurut Widi, perawatan menggunakan teknologi ini juga dapat menghemat biaya perawatan rumput.

Namun ia tidak menyebut besaran nominal yang dikeluarkan untuk perawatan rumput JIS tersebut.

Sementara itu, Manajer Konstruksi JIS M Rizky Fauzi menjelaskan Lighting Grass Growth memiliki roda yang dapat difungsikan untuk menyisir seluruh area lapangan utama.

"Jadi memang sinarnya dibuat sedemikian rupa agar sama dengan waktu siang hari," imbuh Rizky.

Sebagai informasi, lapangan JIS menggunakan rumput hybrid atau perpaduan antara 95 persen rumput alami zoysia matrella, dan 5 persen rumput sintetis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.