Survei: Gen Z Perlu Diyakinkan soal Masa Depan Metaverse

Kompas.com - 10/12/2021, 07:30 WIB
Metaverse ReutersMetaverse

KOMPAS.com - Isu terkait Metaverse sedang hangat dibahas belakangan ini, terlebih setelah Facebook mengganti namanya menjadi Meta.

Beberapa merek ternama, seperti Nike dan Adidas juga memastikan akan segera menyiapkan proyek mereka di lahan virtual ini.

Dilansir dari Markets Insider, Kamis (9/12/2021), para investor dan perusahaan besar bertaruh bahwa generasi muda akan sangat antusias terhadap Metaverse dan menjadi pendorong utama masa depan virtual.

Baca juga: Metaverse Semakin Diminati, Ahli Sebut Bisa Ganggu Cara Hidup Manusia

Namun sayangnya, menurut survei yang dilakukan oleh Harris Poll, perusahaan riset dan analisis pasar Amerika, hasil menunjukkan sebaliknya.

Hanya 38 persen dari gen z atau masyarakat kelahiran tahun 1997-2012 yang menganggap Metaverse adalah hal besar pada masa yang akan datang.

Karenanya, gen z perlu untuk lebih diyakinkan terkait prospek Metaverse yang menawarkan interaksi dengan semua orang menggunakan avatar, bekerja, membangun sesuatu hingga melakukan transaksi jual beli.

Kendati demikian, terdapat sebesar 48 persen dari generasi milenial, yaitu mereka yang berusia antara 25 sampai 40 tahun, yang setuju bahwa Metaverse merupakan sesuatu yang menjanjikan di kemudian hari.

Lebih lanjut mengenai survei yang dilakukan, terdapat 37 persen gen z meyakini bahwa merupakan sesuatu yang layak untuk menghabiskan uang mereka di Metaverse guna memiliki barang digital yang unik.

Kemungkinan mata uang yang akan digunakan nantinya di dalam Metaverse adalah mata uang kripto.

"Ini awalnya akan mengambil format permainan yang didukung kripto dan harus bermain untuk menghasilkan uang, tetapi akan berkembang ke hampir semua bentuk aktivitas manusia lainnya," ujar para analis dari Jeferies, yang dipimpin oleh Simon Powell.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.