Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Bantu Lansia Melek Teknologi Lewat Aplikasi Taobao

Kompas.com - 09/12/2021, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang sudah dilakukan secara digital. 

Terlebih pada masa pandemi yang menuntut masyarakat untuk mengurangi intensitas tatap muka guna meminimalisasi penyebaran virus corona.

Namun sayangnya, tidak semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan ini, khususnya bagi lansia.

Oleh karena itu, agar lansia tidak kehilangan kesempatan dalam memanfaatkan layanan digital yang tersedia, penting halnya bagi perusahaan untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan memperkecil kesenjangan yang ada.

Contohnya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Taobao, situs berbelanja dengan menggunakan bahasa mandarin milik Alibaba Group.

Baca juga: Tahun Ini, Festival Belanja 11.11 Alibaba Catat Transaksi Rp 1.204 Triliun

Belum lama ini, mereka meluncurkan berbagai mode aplikasi ramah lansia.

Dilansir dari siaran pers, Kamis (9/12/2021), melalui aplikasi Taobao, lansia dapat bermain game Baba Farm dimana pemain bisa melakukan perawatan dan menyuburkan tanaman virtual untuk mendapatkan buah asli.

Selain itu, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 tersebut juga memiliki asisten virtual cerdas bernama Taoxiaobao yang bisa membantu penggunanya mencari produk yang dibutuhkan lewat perintah suara.

Nantinya Taoxiaobao akan menampilkan teks dan gambar yang berhubungan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Ini diketahui sangat membantu lansia yang kesulitan untuk mengetik di telepon genggam mereka.

Tidak hanya itu, tersedia pula fitur pencarian gambar untuk obat-obatan. Untuk mencari produk obat yang dibutuhkan, lansia bisa menggunakan foto kemasan obat dan nantinya aplikasi akan menampilkan informasi terkait obat yang dicari berserta fungsinya.

Pengguna pun tidak perlu khawatir karena fitur ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bermanfaat bagi lansia yang kesulitan dalam membeli obat yang memiliki nama rumit serta panjang.

Taobao juga memfasilitasi penggunanya dengan fitur belanja interaktif melalui akun keluarga.

Fitur ini memungkinkan orangtua untuk membagikan link produk kepada anak-anak mereka untuk didiskusikan.

Nantinya, anak-anak bisa membayar keperluan orangtua mereka melalui fitur pay-for-me sehingga lansia tetap bisa menggunakan aplikasi tanpa harus memiliki rekening.

Dilengkapi dengan font huruf yang lebih besar dan jelas, harapannya aplikasi Taobao bisa bantu lansia untuk lebih melek teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com