Kompas.com - 09/12/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang sudah dilakukan secara digital. 

Terlebih pada masa pandemi yang menuntut masyarakat untuk mengurangi intensitas tatap muka guna meminimalisasi penyebaran virus corona.

Namun sayangnya, tidak semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan ini, khususnya bagi lansia.

Oleh karena itu, agar lansia tidak kehilangan kesempatan dalam memanfaatkan layanan digital yang tersedia, penting halnya bagi perusahaan untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan memperkecil kesenjangan yang ada.

Contohnya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Taobao, situs berbelanja dengan menggunakan bahasa mandarin milik Alibaba Group.

Baca juga: Tahun Ini, Festival Belanja 11.11 Alibaba Catat Transaksi Rp 1.204 Triliun

Belum lama ini, mereka meluncurkan berbagai mode aplikasi ramah lansia.

Dilansir dari siaran pers, Kamis (9/12/2021), melalui aplikasi Taobao, lansia dapat bermain game Baba Farm dimana pemain bisa melakukan perawatan dan menyuburkan tanaman virtual untuk mendapatkan buah asli.

Selain itu, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 tersebut juga memiliki asisten virtual cerdas bernama Taoxiaobao yang bisa membantu penggunanya mencari produk yang dibutuhkan lewat perintah suara.

Nantinya Taoxiaobao akan menampilkan teks dan gambar yang berhubungan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Ini diketahui sangat membantu lansia yang kesulitan untuk mengetik di telepon genggam mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.