Potensi Bisnis di Rest Area Jalan Tol, Mulai dari Destination hingga Industrial Hub

Kompas.com - 08/12/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi rest area KM 52B Tol Jakarta-Cikampek Dok. Jasa MargaIlustrasi rest area KM 52B Tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah melakukan pengembangan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area untuk menambah nilai pada ruas jalan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan hal ini dalam webinar Indonesia’s Toll Road Infrastructure Competitiveness In Global Prespective, Rabu (8/12/2021).

Bahwa pihaknya sedang menciptakan nilai tambah pada koridor jalan tol yang ada. Untuk membuka peluang bertambahnya non core revenues bagi pengusaha jalan tol.

"Saya pikir kami juga belajar dari Jepang memiliki rest area dan memanfaatkan sekitarnya, dan kami membutuhkan itu untuk bisa meningkatkan nilai jalan," ujar Danang.

Rest Area di sepanjang jalan tol berpotensi untuk dioptimalkan melalui konsep pemisahan fungsi rest area dari service area.

Rest area hanya dapat diakses dari jalan tol dan standar dan kriteria ditetapkan dalam Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2018.

Sementara, service area dapat diakses dari jalan non-tol dan Izinkan pergerakan pejalan kaki dari rest area ke service area.

Berikut empat pengembangan service area pada rest area:

1. Transportation Hub

Fungsi tambahan sebagai titik integrasi transportasi yang memungkinkan pergerakan manusia di luar area. Terletak di persimpangan transportasi multimoda yang sibuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.