Kompas.com - 07/12/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan kilometer jalan tol di Indonesia telah siap operasional saat Natal dan tahun baru, meski PPKM level 3 batal diterapkan.

Seperti diketahui, Pemerintah tidak akan menerapkan kebijakan secara merata di semua wilayah Indonesia saat Natal dan tahun baru mendatang.

Pemerintah akan membuat kebijakan yang lebih seimbang. Namun, tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini dengan sejumlah pengetatan.

Meski penerapan PPKM level 3 batal, Kementerian PUPR telah memastikan kesiapan operasional jalan tol saat Natal dan tahun baru.

Baca juga: Ini Daftar Jalan Tol dan Rest Area Terbaik 2021

"Kesiapan dari Kementerian PUPR diantaranya jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.629 kilometer," ujar Wakil Menteri PUPR John Wempi saat Raker bersama Komisi V DPR RI pada Rabu (01/12/2021).

Terdapat 11 ruas jalan tol tambahan di Pulau Jawa yang siap digunakan yaitu Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis), Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Telaga Asih), Serpong-Cinere Seksi 1 (Serpong IC-Pamulang IC).

Selanjutnya, ruas Tol Cengkareng-Kunciran, CimanggisCibitung Seksi 1A (Cimanggis-Jatikarya), Bekasi-Cawang-Kp Melayu Seksi 1A (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Jatiwaringin), Jakarta Cikampek Selatan (SS Sadang-SS Kutanegara).

On/Off Ramp Km 42+500 Jalan Tol Jagorawi, SS Bojong Pekalongan Jalan Tol Pemalang-Batang, Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3, serta Serang-Panimbang seksi I (Serang-Rangkas Bitung).

"Kemudian, di luar Pulau Jawa yaitu Sumatera, JTTS yang operasional sepanjang 673 kilometer," imbuh John.

JTTS meliputi ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-SS Kramasan), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.